Pemilu

Jelang Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Sitaro Keluarkan Imbauan Khusus Buat Calon Anggota DPRD

Jelang masa tenang tahapan Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sitaro mengeluarkan beberapa imbauan khusus untuk calon anggota DPRD Sitaro

Jelang Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Sitaro Keluarkan Imbauan Khusus Buat Calon Anggota DPRD
tribunmanado.co.id/Alpen Martinus
Fidel Mulombot Ketua Bawaslu Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jelang masa tenang tahapan Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sitaro mengeluarkan beberapa imbauan khusus untuk calon anggota DPRD Sitaro.

"Imbauan memang sengaja kami buat, sebab akan berakhirnya masa kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 dan memasuki masa tenang tiga hari untuk kemudian tiba pada hari Pemungutan dan Penghitungan Suara pada hari Rabu 17 April 2019," jelas Fidel Mulombot Ketua Bawaslu Sitaro, Kamis (11/4/2019).

Ia mengatakan, Pemilu merupakan perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan wakil rakyat dan pemerintahan Negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dijelaskannya, bahwa masa kampanye Pemilu telah berlangsung dalam jangka waktu yang sangat panjang, sejak 23 September 2019 dan akan berakhir pada 13 April 2019.

"Sisa masa kampanye beberapa hari ke depan, Bawaslu Kabupaten Siau Tagulandang Biaro mendorong partai politik peserta pemilu beserta calon anggota legislatif dan pelaksana kampanye untuk memaksimalkan pelaksanaan kampanye sebagai bagian dari pendidikan poltik masyarakat secara bertanggung jawab," jelas dia.

Dalam melaksanakan kampanye Pemilu di sisa waktu hingga tanggal 13 April 2019 juga, ia tetap mengingat para Caleg agar senantiasa memperhatikan ketentuan tata cara pelaksanaan kampanye, mematuhi larangan-larangan dalam kampanye, dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan setempat.

Untuk memasuki masa tenang pada Minggu 14 April 2019, partai politik beserta calon anggota legislatif dan pelaksana kampanye diminta agar tidak melaksanakan kampanye atau kegiatan apapun yang dapat dikategorikan sebagai kampanye.

Selain itu, mereka juga diminta untuk melakukan pembersihan alat peraga kampanye dan bahan kampanye yang terpasang/terpampang pada tempat umum atau yang tampak dari pandangan umum.

"Menjelang hari pemungutan dan penghitungan suara, partai politik dan calon anggota legislatif agar memberi kesempatan kepada pemilih untuk menentukan pilihannya secara jernih tanpa tekanan, paksaan, pengaruh atau imingan dalam bentuk apapun," jelas dia.

Sebagai bentuk penghormatan pada hak konstitusional dan kedaulatan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab di Tempat Pemungutan Suara (TPS), partai politik dan calon anggota legislatif beserta pelaksana kampanye agar tidak merusak akal sehat pemilih dengan melakukan praktik politik uang dalam bentuk apapun, dan atau membagikan minuman keras kepada pemilih.

Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro bersama seluruh jajaran Pengawas Pemilu di tingkat kecamatan, kampung dan kelurahan bahkan Pengawas TPS akan melakukan upaya pencegahan praktik politik uang melalui patroli pengawasan anti politik uang pada semua wilayah kerja.

"Penegakan hukum akan dilakukan secara tegas terhadap siapapun yang didapati melanggar ketentuan perundang-undangan,"ujarnya.

Partisipasi dan dukungan dari semua pemangku kepentingan dalam Pemilu menjadi sangat penting dengan cara melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu dan atau tindak pidana Pemilu kepada Pengawas Pemilu terdekat. (tribunmanado.co.id/Alpen Martinus)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved