TKN Luncurkan Posko Pengaduan Nasional Kecurangan Pemilu 2019

Tim Kampanye Nasional ( TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin meluncurkan posko pengaduan nasional kecurangan Pemilu 2019.

TKN Luncurkan Posko Pengaduan Nasional Kecurangan Pemilu 2019
Twitter @pramonoanung
Foto Jokowi-Maruf yang akan dipasang di kertas suara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tim Kampanye Nasional ( TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin meluncurkan posko pengaduan nasional kecurangan Pemilu 2019.

Wakil Ketua TKN Moeldoko mengatakan, posko tersebut dibuat agar tidak ada tudingan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) berpihak kepada Jokowi-Ma'ruf.

"Posisi KPU antara 01 dan 02 mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Jangan sampai nanti ada pesan kuat bahwa seolah-olah 01 itu berpihak atau berada di KPU. Ini pandangan yang harus diluruskan," ujar Moeldoko di Rumah Aspirasi, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

Ia menjelaskan, posko tersebut juga bekerja mengkritisi kinerja KPU. Sebab, selama ini yang paling banyak mengkritisi KPU adalah pihak dari paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

KPU, lanjut Moeldoko, sebagai lembaga independen juga memiliki berbagai persoalan. Namun demikian, ia menegaskan posko tersebut bertujuan menguatkan KPU hingga pemilu selesai.

"Kita tidak ingin ada upaya-upaya sistematis mendelegitimasi peran dan fungsi KPU. Kita tidak ingin seperti itu. TKN sepakat KPU lembaga independen yang memiliki mandat untuk menyelenggarakan pemilu," ungkapnya.

Moeldoko menuturkan, posko pengaduan tersebut juga bertujuan mengidentifikasi persoalan pada proses pemilu. Namun, TKN tidak ikut campur kewenangan yang dimiliki KPU dan Bawaslu.

"Kita tidak ikut campur urusan KPU dan Bawaslu. Kita jangan intervensi, kita sifatnya untuk memperkuat dan mengikuti aturan main," tegas Moeldoko.

BERITA POPULER:

Baca: Viral Video Pelajar SMA Goyang di Atas Mobil, Diduga Terjadi di Manado dan Baru Usai Ujian Nasional

Baca: VIRAL Kisah Pernikahan Singkat Dua Sejoli, Pengantin Wanita Berpulang Setelah 24 Jam menikah

Baca: Diperkosa Secara Bergilir Gadis Ini Kehilangan Motor Juga, Awalnya Hanya Kenal Lewat Facebook

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul TKN Jokowi-Ma'ruf Luncurkan Posko Pengaduan Pemilu

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved