Tips dan Trik

Tips Mudah untuk Mengoptimalkan Manfaat Kartu Kredit

artu kredit sudah lama dikenal sebagai salah satu alat transaksi non tunai yang bisa membantu kelancaran aktivitas berbelanja seseorang.

Tips Mudah untuk Mengoptimalkan Manfaat Kartu Kredit
internet
kartu-kredit_201608 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kartu kredit sudah lama dikenal sebagai salah satu alat transaksi non tunai yang bisa membantu kelancaran aktivitas berbelanja seseorang. Maklum, penerbit kartu kredit sering menggelontorkan berbagai macam promo belanja atau transaksi yang pada intinya adalah untuk mendorong nasabah kartu kredit terus memakai kartu kredit tersebut. Masalahnya adalah ketika kartu kredit merupakan alat transaksi berbasis dana pinjaman dari bank, maka pemegang kartu kredit harus bisa menahan diri untuk tidak bablas bertransaksi. Banyak masalah kartu kredit berawal dari penggunaan yang cenderung sembrono sehingga saat lembar tagihan datang, si nasabah kartu kredit menjadi kelabakan membayar transaksi-transaksi yang sudah dilakukan. Nah, supaya manfaat kartu kredit bisa optimal, termasuk dalam memanfaatkan berbagai macam promo yang diberikan, Anda perlu menjalankan beberapa strategi khusus.

Baca: Taufik Tumbelaka : Andai Kampanye Parpol Diminati Seperti Nonton Bola

Simak tips mengoptimalkan manfaat kartu kredit seperti berikut ini:

1. Bayar tagihan rutin dengan kartu kredit

Setiap orang pasti memiliki sejumlah tagihan rutin yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Misalnya, tagihan telepon, tagihan listrik, tagihan air, tagihan televisi berbayar, dan lain-lain. Pos-pos tersebut sudah pasti harus Anda bayarkan supaya layanan-layanan yang Anda butuhkan tersebut tetap berjalan. Karena tagihan rutin ini sifatnya wajib dipenuhi, mau tidak mau Anda juga harus menyiapkan dana pembayarannya setiap bulan. Bila Anda memiliki kartu kredit, maka Anda bisa mengalihkan pembayaran pos tagihan rutin tersebut memakai kartu kredit. Hampir semua kartu kredit saat ini menyediakan fitur pembayaran tagihan rutin. Hanya saja, pastikan ketika lembar tagihan datang, Anda membayarnya dengan nilai penuh (full payment) sebelum jatuh tempo. Dengan mengalihkan pembayaran pos tagihan rutin memakai kartu kredit, Anda bisa mengumpulkan reward points lebih banyak. Poin hadiah kartu kredit tersebut dapat Anda manfaatkan untuk hal lain di depan. Misalnya, mengonversi poin hadiah menjadi diskon harga di merchant, pengurang iuran tahunan kartu kredit dan lain sebagainya.

2. Talangi transaksi besar

Anda mungkin sering melakukan jamuan makan siang atau makan malam bersama kawan, kerabat, atau kolega kerja. Anda bisa mengajukan diri untuk menalangi pembayaran transaksi bersama tersebut memakai kartu kredit. Teman-teman Anda tentu tetap membayar bagian transaksi mereka pada Anda. Dengan cara ini, Anda bisa tercatat melakukan transaksi besar dan mendapatkan reward points lebih banyak.

Baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Bahan Alami dan Murah

3. Sering pakai kartu kredit

Promo-promo kartu kredit bisa optimal manfaatnya apabila Anda sering bertransaksi memakai kartu kredit. Hanya saja, pastikan Anda hanya melakukan transaksi yang sudah pasti bisa Anda bayar. Anda sekadar mengalihkan cara bayar dengan memakai kartu kredit sebagai alat transaksi nontunai. Dengan sering memakai kartu kredit untuk bertransaksi sesuai kebutuhan, Anda bisa mengantongi poin hadiah lebih banyak, kesempatan mendapatkan cashback lebih besar, dan lain-lain.

4. Update informasi promo

Penerbit kartu kredit biasanya memberikan tawaran promo-promo dengan periode yang terbatas. Anda perlu selalu update dengan tawaran-tawaran promo agar bisa melihat mana promosi yang bisa Anda manfaatkan dan mana yang kurang efisien untuk diambil. Seperti Anda tahu, beberapa promo kartu kredit menetapkan syarat tertentu bagi pengguna bila ingin mendapatkan promo. Di sini Anda tetap perlu kejelian menghitung, apakah tawaran promo itu adalah good deal atau sekadar gimmick pemasaran.

5. Belanja rutin memakai kartu kredit

Setiap orang atau keluarga pasti memiliki pos pengeluaran rutin, selain tagihan rutin.Misalnya, pos belanja bulanan, pos pembelian bahan bakar kendaraan bermotor, dan lain-lain. Anda bisa memakai kartu kredit untuk membayar semua pos pengeluaran tersebut dan mengumpulkan poin hadiah lebih banyak, menikmati cashback lebih besar. Itulah 5 tips mudah mengoptimalkan manfaat kartu kredit berikut berbagai penawaran promo-promonya. Ingat, gunakan kartu kredit secara bijak agar keuangan pribadi selalu sehat.

Artikel Terdahulu:  http://wow.tribunnews.com/2019/03/03/5-tips-mudah-untuk-optimalkan-manfaat-kartu-kredit?page=all.

Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved