News Analysis

Taufik Tumbelaka: Jangan Terlena Hasil Survei

Hasil Survei sangat bermanfaat terutama untuk pemetaan masing-masing parpol.

Taufik Tumbelaka: Jangan Terlena Hasil Survei
tribun manado/ryo noor
Pengamat Politik Taufik Tumbelaka 

Taufik Tumbelaka: Jangan Terlena Hasil Survei

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hasil Survei sangat bermanfaat terutama untuk pemetaan masing masing parpol. Namun demikian hasil Survei tidak serta merta akan stabil sampai pada pencoblosan. Survei berbeda dgn quick count atau hitung cepat.

Survei mengukur persepsi publik pada saat Survei dilakukan. Persepsi orang bisanya akan sangat tergantung pada dinamika yang sedang terjadi pada saat Survei.

Dinamika politik yang tidak stabil tentu berpengaruh pada perubahan persepsi seseorang. Sehingga persepsi publik hari ini berpotensi akan berubah pada saat pencoblosan. Pilkada DKI, hampir semua lembaga survei Selalu menempatkan Ahok di urutan teratas.

Namun faktanya berubah saat pencoblosan. Namun demikian menempatkan PDIP sebagi jawara berdasarkan sejumlah Survei kemungkinan disebakan karena menerima dampak coattail efect dari calon Presiden. Istilah ini digunakan pada kesamaan pilihan calon Presiden Dangan parpol pendukung. Pilihan publik pada jokowi kemungkinan mengikuti pilihan pada parpol yg mendukung jokowi.

PDIP juga adalah salah satu parpol yang memiliki struktur kelembagan parpol yang kuat. Sebagian parpol baru lolos masa penceklik dari konflik berkepanjangan. Konflik itu mengakibatkan rusaknya kelembagaan parpol. PDIP adalah parpol yg stabil.

PDIP juga mendapatkan dukungan dari sejumlah kepala daerah. Dukungan kepala daerah sangat berpengaruh karena kepala daerah memiliki jaringan birokrasi dan menguasai bantuan sosial. Hal ini sama dengan Nasdem dan Golkar. Sehingga sangat wajar jika ketiga parpol ini dianggap berpotensi menguasai perolehan suara di Sulut. (art)

Berita Populer: Catut Tribun Manado, Pemilik Akun Facebook Febri Chris Widiyanto Dame Minta Maaf Sebar Info Palsu

Penulis: Arthur_Rompis
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved