Kampanye Jokowi di Kupang, Ada Anak-anak Hadir dan Pakai Kaus Partai, Begini Tanggapan Bawaslu

Bawaslu NTT menemukan anak-anak hadir dalam kampanye calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo di Kota Kupang

Kampanye Jokowi di Kupang, Ada Anak-anak Hadir dan Pakai Kaus Partai, Begini Tanggapan Bawaslu
antara
Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya, Ma'ruf Amin naik kereta kuda alias delman saat berkampanye di Tangerang, Minggu (7/4). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT menemukan anak-anak hadir dalam kampanye calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) di Lapangan Sitarda Lasiana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/4/2019).

Komisioner Bawaslu NTT Jemris Fointuna mengatakan, ada beberapa siswa SD Lasiana yang pulang sekolah dan mampir lokasi kampanye.

"Ada juga orangtua yang membawa anaknya dalam kampanye dan itu kemungkinan karena tidak ada yang menjaga," ucap Jemris, Senin.

 Selain itu kata Jemris, ada juga anak-anak yang rumahnya berada di sekitar lokasi kampanye, saat pulang sekolah datang ke lokasi.

Baca: Surat Teguran SBY kepada Prabowo-Sandi, Tanda Main Dua Kaki Partai Demokrat

Jemris mengatakan, pada Pasal 280 ayat 2, huruf k Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, dengan jelas menyebutkan bahwa, pelaksana dan atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye pemilu, dilarang mengikutsertakan warga negara Indonesia yang tidak memiliki hak memilih.

"Tapi yang dilarang dalam undang-undang itu, adalah pelaksana atau tim kampanye yang mengikutsertakan anak-anak untuk hadir dalam kampanye," sebut Jemris.

Sejumlah anak-anak menghadiri kampanye calon presiden nomor urut 01 Jokowi di Lapangan Sitarda Lasiana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/4/2019). Mereka terlihat berdiri di atas mobil pemadam kebakaran.
Sejumlah anak-anak menghadiri kampanye calon presiden nomor urut 01 Jokowi di Lapangan Sitarda Lasiana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/4/2019). Mereka terlihat berdiri di atas mobil pemadam kebakaran. (KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE))

Pantauan Kompas.com, di lokasi, tampak banyak anak-anak ikut hadir dalam kampanye calon presiden petahana itu.

Sebagian berada di tengah kerumunan orang dewasa, sebagiannya lagi naik di atas mobil pemadam kebakaran yang disiagakan di dalam lapangan.

Bahkan ada beberapa anak-anak juga tampak mengenakan kaus salah satu partai politik.

Baca: Ini Jawaban Puskaptis, Soal Tudingan Hasil Survei Kurang Akurat dan Menangkan Prabowo-Sandi

Baca: Sekjen Golkar Minta Prabowo Lihat Data Sebelum Mengkritik Ekonomi RI

Anak-anak yang berada di tengah area kampanye itu berbaur dengan warga lainnya.

Mereka menyaksikan orasi politik dari Jokowi hingga selesai.

Setelah menyampaikan orasi, Jokowi lalu memberi contoh simulasi pencoblosan bersama sejumlah pengurus partai pendukung.

Jokowi bersama rombongan kemudian bergerak ke arah Bandara El Tari Kupang, untuk melanjutkan perjalanan kampanye ke daerah lain.

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Bawaslu Temukan Anak-anak Hadir di Kampanye Jokowi di Kupang, Ada yang Pakai Kaus Partai

Editor: Rhendi Umar
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved