Seleb

Dijerat Pasal Pengedar Narkotika, Adik Steve Emmanuel Minta Kakaknya Direhabilitasi Saja

Karenina berharap penegak hukum tak mengabaikan hasil positif tes urine Steve sebagai pengguna narkoba.

Dijerat Pasal Pengedar Narkotika, Adik Steve Emmanuel Minta Kakaknya Direhabilitasi Saja
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Aktor Steve Emmanuel (kedua kiri) dibawa petugas sebelum menjalani sidang perdana kasus dugaan penyelundupan kokain di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (21/3/2019). Sidang beragendakan pembacaan dakwaan bagi terdakwa Steve Emmanuel yang sebelumnya ditangkap di apartemennya atas kepemilikan kokain seberat 92,04 gram dari total 100 gram yang ia diselundupkan dari Belanda. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Adik kandung Steve Emmanuel, Karenina Sunny (32) berharap kakaknya bisa menjalani rehabilitasi. Hal ini terkait dugaan kasus narkoba yang kini menjeratnya.

Karenina berpendapat bahwa hasil positif tes urine yang menunjukkan Steve sebagai pengguna narkoba tak bisa diabaikan oleh penegak hukum yang justru menjeratnya dengan pasal sebagai pengedar.

Steve Emmanuel
Steve Emmanuel (TRIBUNNEWS.COM/WAHYU FIRMANSYAH)

"Saya tahu kakak saya (Steve Emmanuel) adalah orang yang baik dan dia hanyalah korban penyalahgunaan narkotika (kokain)," kata Karenina yang didampingi kuasa hukum Steve, Jaswin Damanik dan pihak keluarga lainnya dalam jumpa pers Richard Claproth di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

Meski tidak mengetahui persis prosedur hukum yang dijalani kakaknya, wanita yang akrab disapa Nina percaya bahwa semua proses hukum yang terbaik bisa diberikan oleh tim kuasa hukum Steve.

"Intinya saya paham, yang jelas Steve itu pemakai atau pengguna narkotika. Tetapi, kenapa tidak dimasukkan ke dalam dakwaan? Kalau pemakai kan wajib dilakukan asesmen atau rehab. Dia punya hak untuk dapat bantuan rehab," ucapnya.

Karenina mengatakan, apa yang ia lakukan bukanlah upaya untuk memperlambat proses hukum yang sedang berjalan, melainkan sekadar membantu dan memberi dukungan kepada Steve.

"Sebenarnya polisi dan jaksa mengatakan kalau Steve pemakai sebenarnya. Kita tidak melawan mereka. Kita sangat mendukung apa yang dikatakan jaksa penuntut umum (JPU) dalam dakwaan. Fakta adalah didakwaan, faktanya adalah membuktikan Steve adalah pemakai dan pengguna, tidak yang lain," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemain sinetron bernama panjang Steve Emmanuel Halim itu ditangkap Satuan Reserse Narkotika Polres Metro Jakarta Barat ketika berada di lobi Apartemen Kondominum Kintamani, kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 21 Desember 2018.

Saat diamankan polisi, Steve diketahui memiliki narkotika jenis kokain seberat 92,04 gram beserta alat hisapnya.

Atas perbuatannya, Steve Emmanuel dikenakan Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 114 ayat 2 Undang Undang Narkotika.

Steve Emmanuel mengaku, barang haram itu adalah sisa 100 gram kokain yang diselundupkannya dari Belanda pada 11 September 2018.

Pihak penegak hukum sendiri menjerat Steve dengan pasal pengedar lantaran jumlah barang bukti yang ada terbilang cukup banyak untuk kategori pengguna.

Pasalnya, dengan barang bukti seberat 91,08 gram narkotika jenis kokain, Steve Emmanuel disangkutkan dengan pasal pengedar narkotika. Karena, Steve diduga berhasil menyelundupkan kokain dari Belanda ke Indonesia dengan jumlah yang besar. 

Tautan: http://wow.tribunnews.com/2019/04/09/steve-emmanuel-dijerat-pasal-pengedar-karenina-sunny-dia-pengguna-punya-hak-untuk-rehab

Editor: Yeshinta Sumampouw
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved