Sulawesi Utara

Dirlantas Polda Sulut, Dukung Aturan Kemenhub, Bakal Tilang Ojek Online Merokok Saat Berkendara

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulut, Kombes Drs I Gusti Putu Ngurah Gunawan mengatakan, aturan tersebut mendapat respons baik.

Dirlantas Polda Sulut, Dukung Aturan Kemenhub, Bakal Tilang Ojek Online Merokok Saat Berkendara
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
I Gusti Putu Ngurah Gunawan 

Dirlantas Polda Sulut, Dukung Aturan Kemenhub, Bakal Tilang Ojek Online Merokok Saat Berkendara

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi mengeluarkan aturan ojek online (Ojol), dengan nomor 12 tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor.

Dalam aturan itu tertulis di pasal 6 huruf C menyebut pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor.

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulut, Kombes Drs I Gusti Putu Ngurah Gunawan mengatakan, aturan tersebut mendapat respons baik.

Pihaknya akan membantu pemerintah untuk memberikan pembahasan kepada semua stakeholder terutama jasa transportasi massal ojek online.

"Kami akan melarang agar tidak merokok saat berkendara apalagi sedang membawa penumpang, karena merusak tatanan yang ada. Juga lebih mengurangi kehati-hatian agar disiplin dan sopan dalam berlalu lintas," terang Gunawan, Senin (08/04/2019).

Pihaknya bahkan tidak akan main-main dengan hal ini, jika ditemukan pengendara motor ojek online yang merokok saat berkendara akan ditegur terlebih dahulu dan jika terus dilakukan dan tidak mengindahkan teguran pihaknya akan bersikap tegas.

"Kalau memang sudah tidak diindahkan, ketika ditegur dan dicatat identitasnya kami akan melakukan tilang," tegasnya.

Pihak Dirlantas Polda Sulut menyarankan, kepada masyarakat pengguna jasa ojek online untuk jangan mau naik jika ojek online merokok saat hendak berkendara.

"Ojek online ini kan segmentasinya untuk semua kalangan apalagi yang menengah ke bawah. Janganlah melakukan hal-hal yang mengganggu kelancaran dalam berlalu lintas," tutupnya.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved