Psikologi

Anak yang Sering Dipeluk Orangtua Tak Gampang Depresi Ketika Dewasa

Sentuhan antara kulit ibu dan bayinya sangatlah penting, bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutnya sebagai 'penyelamat hidup'.

Anak yang Sering Dipeluk Orangtua Tak Gampang Depresi Ketika Dewasa
istimewa
Ilustrasi memeluk anak 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketika bayi lahir, satu hal yang dilakukan oleh tenaga medis profesional adalah membiarkan ibu memeluk bayinya.

Sentuhan antara kulit ibu dan bayinya sangatlah penting, bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutnya sebagai 'penyelamat hidup'.

Hal ini memungkinkan bagi bayi yang baru lahir memperoleh manfaat tidak hanya dari kehangatan ibu, tetapi juga bakteri pelindung dari sang ibu.

Dilansir dari Elite Readers oleh GridHot.ID pada Selasa (2/4/2019), dikatakan oleh para ahli bahwa pengalaman berharga tersebut hanyalah permulaannya.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengekpresikan kasih sayang secara fisik membawa keuntungan seumur hidup pagi anak.

"Harga diri yang lebih tinggi, komunikasi orang tua-anak yang lebih baik, dan sedikitnya masalah psikologis dan perilaku telah dikaitkan dengan kehangatan dan kasih sayang antara orang tua dan anak," ungkap organisasi non profit Child Trends yang berbasis di AS.

Lebih lanjut, sekelompok peneliti melaporkan bahwa 90 persen orang tua yang memiliki anak berusia 3 tahun dan lebih muda mengatakan mereka memeluk anak-anak mereka setiap hari.

Namun, jumlah tersebut turun secara signifikan begitu anak mereka menginjak usia 10 sampai 12 tahun karena hanya 74 persen ibu dan 50 persen ayah yang tetap memeluk anak mereka.

"Studi ilmiah selalu merupakan penegasan kembali yang bermanfaat tentang pentingnya mempraktikan kebaikan cinta dan menunjukkan cinta kepada orang yang Anda cinta," jelas penulis dan pelatih Christopher Bergland di Psichology Today.

Seperti yang dibuktikan oleh banyak orang tua, pelukan seorang anak setelah hari yang melelahkan di tempat kerja dapat mengurangi kelelahan.

Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved