KPU Sitaro Beri Bimtek ke KPPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sitaro berikan bimbingan teknis kepada seluruh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

KPU Sitaro Beri Bimtek ke KPPS
Istimewa
KPU Sitaro menggelar Bimtek kepada petugas KPPS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sitaro berikan bimbingan teknis kepada seluruh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Peserta yang hadir adalah seluruh KPPS yang akan bertugas pada 239 TPS. Mereka dibekali soal teknis pelaksanaan pemilihan umum di TPS oleh lima komisioner KPU Sitaro.

Yosep Salombe Kepala Divisi Hukum KPU Sitaro mengatakan bahwa yang dijelaskan adalah tugas dari masing-masing KPPS. "Kita lakukan ini untuk meminimalisir kesalahan pada pelaksanaan Pemilu 2019," jelasnya.

Sebab KPPS akan bertugas dalam proses pemilihan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil penghitungan. "Tadi kami juga melakukan simulasi kecil mengenai pengisian format Pemilu, supaya memang minimalisir kesalahan pengisian,"jelasnya.

Baca: BREAKING NEWS Seorang Pria Diajar Warga Setelah Ditangkap Mencuri di Perumahan GPI, Nyaris Memerkosa

Ia menjelaskan, dalam bimtek yang digelar Hotel Jakarta, Rabu (04/04/2019) beberapa potensi kesalahan yang bisa terjadi, yaitu penggunaan format A5, terkait pemberian surat suara. Selain itu,  juga masalah penggunaan e-KTP, dokumen kependudukan lain atau surat keterangan lainnya, jika tidak menerima undangan memilih.

"Pemberian surat suara bisa salah, sebab kan tidak semua yang bisa mendapatkan lima surat suara," jelas dia.

Juga pemilih yang tidak terdaftar bisa menggunakan e-KTP, atau dokumen lain, atau surat keterangan. Hasil temuan juga ada yang yang terdaftar di DPT di Sitaro, tapi KTP Sangihe. Mereka bisa memilih jika pindah ke Sitaro. (amg)

Berita Populer: Pembunuhan Ferolin Djorebe oleh Suaminya di Bitung: Korban Dikira Bunuh Diri Selama 26 Hari

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved