Breaking News:

Disperindagkop dan UKM Boltim Bekerjasama Dinas Pertanian Kembangkan Minyak Kelapa Kampung

Dinas Perdagang dan Perindustrian Koperasi dan UKM Boltim, kembangkan olahan minyak kampung dari kelapa jadi Usaha Kecil Menengah (UKM).

Penulis:
Editor: Siti Nurjanah
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
DisperindagKop dan UKM Bekerja Sama Dinas Pertanian Kembangkan Minyak Kelapa Kampung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Dinas Perdagang dan Perindustrian Koperasi dan UKM Boltim, kembangkan olahan minyak kampung dari kelapa jadi Usaha Kecil Menengah (UKM).

Menurut Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Jantra Damopolii, tiap tahun UKM di Boltim, terus bertambah. 2018 ada ketambahan 339 usaha dari berbagai bidang usaha.

Bantuan dari pemerintah daerah menjadi salah satu penyebab bertumbuhnya UKM di Boltim. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekomomi serta permodalan lebih baik.

Baca: Ayu Ting Ting Tenteng Tas Harganya Puluhan Juta Rupiah Saat Berangkat Umrah

Baca: Bursa Transfer PSM Makassar, Bakal Umumkan Rekrutan Anyar, Nama Pemain Timnas U-23 Indonesia Mencuat

Baca: Bocoran Video, Harga dan Spesifikasi Oppo Reno, Ponsel Kamera Pop-up Unik, dan Zoom 10x Lipat

Memasuki 2019, Pemda mendorong petani kelapa untuk memanfaatkan kelapa menjadi olahan minyak kampung.

"Kami mendukung semua UKM. Agar olahan mereka lebih baik dan berkualitas, dengan memberikan bantuan peralatan," ujar Jantra Damopolii, Jumat (5/4/2019).

Kata dia, tanaman kelapa di Boltim, cukup banyak. Maka tak salah, kalau memanfaatkan kelapa menjadi minyak kampung. Nantinya akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian, Soetiono mengatakan, pihaknya mulai melakukan pendekatan kepada warga terkait olahan minyak kelapa kampung.

"Kita sudah kaji dan olahan minyak kelapa kampung yang dibuat masyarakat banyak keuntungannya maupun manfaat minyak kelapa hasil buatan sendiri," ujar Soetiono.

Ia menambahkan, pihaknya telah memasukan usulan melalui proposal berupa mesin cukur kelapa sekaligus mesin peras kepada pemerintah Provinsi Sulut.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved