Survei Roy Morgan: Jokowi Unggul di Pedesaan, Prabowo Mengejar di Perkotaan  

Di perkotaan, elektabilitas calon presiden petahana Jokowi turun 3% menjadi 51,5%

Survei Roy Morgan: Jokowi Unggul di Pedesaan, Prabowo Mengejar di Perkotaan   
tribun jakarta
Jokowi dan Prabowo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Berdasarkan hasil survei, elektabilitas Jokowi di wilayah pedesaan dengan elektabilitas mencapai 63 persen, adapun Prabowo sebesar 37 persen. Hal ini berdasarkan hasil survei lembaga asal Australia, Roy Morgan.

"Jokowi memiliki dukungan terkuat di wilayah pedesaan dengan 63% pendukungnya berasal dari daerah pedesaan, naik 2,5% dari bulan kemarin dibanding 37% (turun 2,5%) yang mendukung Prabowo," kata CEO Roy Morgan, Michele Levine, melalui keterangan tertulis, Selasa (2/4).

Sementara, wilayah perkotaan jauh lebih kompetitif. Di wilayah ini, Prabowo bisa mempersempit celah elektabilitas hingga 6 persen dibanding bulan lalu. Di perkotaan, elektabilitas calon presiden petahana Jokowi turun 3% menjadi 51,5%, sementara Prabowo 48,5%.

Secara keseluruhan, dalam survei Roy Morgan Maret 2019, elektabilitas Jokowi mencapai 56,5% sementara Prabowo 43,5%. Survei ini dilakukan pada pertengahan Februari sampai pertengahan Maret 2019 dengan responden sebanyak 1.102 orang di atas 17 tahun di 17 provinsi.

Roy Morgan menggunakan metode wawancara tatap muka pada survei ini dengan margin of error kurang lebih 1,3%. Roy Morgan adalah lembaga survei independen asal Australia yang sudah beroperasi selama 75 tahun. Lembaga ini secara berkala juga merilis hasil survei untuk Pemilu Indonesia. (*)

Editor: Charles Komaling
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved