Berita Kotamobagu

5 Hari di Bogor, Ini yang Dilakukan 5 Personel BPBD Kotamobagu

BPBD Kota Kotamobagu menjadi satu di antara 20 kabupaten kota di Wilayah Timur mengikuti Bimtek BNPB di Sentul Bogor.

ISTIMEWA
5 Hari di Bogor, Ini yang Dilakukan 5 Personel BPBD Kotamobagu 

5 Hari di Bogor, Ini yang Dilakukan 5 Personel BPBD Kotamobagu

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu menjadi satu di antara 20 kabupaten kota di Wilayah Timur mengikuti Bimtek BNPB di Sentul Bogor, Jawa Barat.

Selama lima hari lima personel BPBD Kotamobagu menerima materi bimtek Tim Reaksi Cepat (TRC) dimulai 24 Maret hingga 29 Maret 2019 di Desa Gumati Sentul Bogor.

"Memang setiap kabupaten kota mengutus lima personel," ujar Budi Prayitno Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kotamobagu kepada Tribun Manado, Selasa (02/04/2019).

Semua peserta selama lima hari selain diberikan teori juga diberikan peningkatan fisik olahraga seperti lari dan senam.

"Ditambah dengan dinamika kelompok yang tujuannya bagaimana kecepatan, ketepatan, kebersamaan tim URC dalam mencapai tujuan. Narasumber ada dari BNPB, Kesehatan, TNI," ujar Budi.

Pada hari pertama lima personel BPBD dan peserta lainnya diberikan pengenalan lingkungan tempat pelaksanaan kegiatan.

Hari kedua peserta menerima materi dari narasumber baik dari BNPB maupun narasumber lainnya. Materi tentang Manajemen Penanggulangan Bencana, manajemen penanganan darurat bencana, dukungan logistik dalam penanganan darurat bencana, materi bantuan perbaikan darurat, hingga materi sistem komando penanganan darurat bencana.

Pada hari ketiga peserta menerima materi mengenai kaji cepat dalam penanganan darurat bencana, peran TNI dalam penanganan darurat bencana, open camera berbasis android, simulasi exercise kaji cepat dan Pos Komando Penanganan darurat bencana.

Pada hari keempat, peserta mengikuti simulasi exercise Posko Penanganan Darurat Bencana, simulasi exercise kaji cepat dan pos komando penanganan darurat bencana, evaluasi simulasi exercise kaji cepat dan posko penanganan darurat bencana, evaluasi tim reaksi cepat, peran pendidikan dalam penanggulangan bencana, hingga renungan malam.

Pada hari kelima peserta mengikuti praktik pasang dan bongkar tenda posko kemudian dievaluasi, penyampaian kesan dan pesan peserta kemudian penutupan. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved