Breaking News:

Budaya

Tengok Tradisi Rajaban di Cirebon, Ziarah ke Makam Dua Pangeran

Hal yang sama berlaku juga pada perayaan Isra Miraj 2019, banyak hal menarik sarat budaya yang bisa ditemukan, seperti tradisi Rajaban di Cirebon.

Editor: Rizali Posumah
KOMPAS.Com/BARRY KUSUMA
Keraton di Cirebon 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Inonesia adalah negara dengan kulturnya yang sangat kental. Pada perayaan-perayaan kegamaan kultur asli nusantara sangat nampak, ada macam ragam kultur sesuai adat istiadat yang berlaku di masing-masing daerah di negara ini.

Hal yang sama berlaku juga pada perayaan Isra Miraj 2019, banyak hal menarik sarat budaya yang bisa ditemukan, seperti tradisi Rajaban di Cirebon, Jawa Barat.

Dilansir dari Grid.ID, tradisi Rajaban dalam rangka merayakan Isra Miraj 2019 dilakukan para warga Cirebon setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijriyah.

Pada gelaran ini warga beramai-ramai berziarah ke makam para pangeran Keraton Kasepuhan sebagai penghargaan atas jasa mereka dalam menyebarkan Islam.

Pasalnya, Kota Cirebon telah lama dikenal sebagai salah satu daerah di Nusantara yang sarat akan budaya Islam.

Agama Islam telah mengakar di kota yang terletak di timur laut provinsi Jawa Barat ini sejak berdirinya Kesultanan Cirebon pada abad ke-15. 

Suasana rajaban di Cirebon
Suasana rajaban di Cirebon (Dari facebook: Cirebon Heritage West Java)

Meski begitu, budaya asli masyarakat setempat tak lekang begitu saja. Dia membaur dengan agama, hingga melahirkan tradisi-tradisi unik yang tak bisa ditemukan di negara dan daerah lain. 

Tradisi Rajaban sendiri adalah tradisi upacara dan ziarah ke makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan, yang terletak di kawasan pemakaman Plangon, Cirebon.

Masyarakat Cirebon berbondong-bondong pergi berziarah ke makam 2 tokoh penting dari Keraton Kasepuhan tersebut.

Rajaban juga dihadiri oleh para kerabat dari keturunan kedua pangeran tersebut.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved