Opini

News Analisis

Adanya infrastruktur baru akan berdampak pada perkembangan sosial masyarakat.

News Analisis
tribunmanado.co.id/Ryo Noor
Jefry Paat 

Oleh: Jefry Paat

Adanya infrastruktur baru akan berdampak pada perkembangan sosial masyarakat.

Jika jalan terbuka menghubungkan satu daerah ke daerah lain maka hubungan sosial akan terjalin lebih baik karena ada sarana penghubung.

Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur semisal jalan tol sangat bermanfaat untuk pembangunan sosial itu sendiri.

Hal-hal yang bersifat sosial yang terjadi di masyarakat lebih meningkatkan hubunfan dan relasi-relasi antar individu atau antar kelompok.

Contohnya adanya jalan tol hubungan bisnis antara Manado dan Bitung. Si A di Manado dan Si B di Bitung. Belum adanya jalan tol ini hubungan bisnis agak tersendat. Pertemuan masih terkendala jarak dan waktu. Faktor-faktor ini menimbulkan pengeluaran ekonomi.

Ketika ada jalan tol maka akan meminimalisir pengeluaran-pengeluaran itu, alhasil hubungan antara individu A dan Individu B akan lebih cepat.

Kehidupan sosial di sekitaran infrastruktur akan terbangun, terbukanya jalan akan ada mobilitas penduduk akan lebih tinggi.

Semisal Bitung yang kaya ikan segar, orang Manado ingin membeli ikan segar peluang mrnggunakan infrastrukrur tol jadi lebih besar karena halangan-halangan jarak dan waktu sudah diminimalisir sebelum ada tol.

Sebelum ad jalan tol keinginan-keinginan sosial masyarakat tidak tercapai.

Mobilitas tinggi ini akan mempengaruhi kehidupan sosial.

Pembangunan sosial tak bisa juga dipisahkan dari pembangunan ekonomi karena objeknya adalah manusia itu sendiri. (tribunmanado.co.id/Ryo Noor)

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved