Kredit Macet Naik Tipis di Awal Tahun

OJK melaporkan, non performing loan (NPL) perbankan secara gross pada Februari 2019 mencapai 2,59%, naik dari bulan sebelumnya yang tercatat 2,56%.

Kredit Macet Naik Tipis di Awal Tahun
Istimewa
Ilustrasi

TRIBUNMANADO.CO.ID - Industri perbankan masih menghadapi tantangan pada semester pertama 2019. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), rasio kredit bermasalah naik tipis di Februari.

OJK melaporkan, non performing loan (NPL) perbankan secara gross pada Februari 2019 mencapai 2,59%, naik dari bulan sebelumnya yang tercatat 2,56%. Sedangkan NPL secara net naik dari 1,13% menjadi 1,17%. 

PT OCBC Nisp Tbk (NISP) merupakan salah satu bank yang mencatat kenaikan NPL. Rasio kredit macet bank ini pada Februari sedikit meningkat ke level 1,8%.

Namun, Presiden Direktur dan CEO OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi risiko kredit tersebut mengingat masih banyaknya tantangan baik dari domestik maupun eksternal.

Sektor penyumbang NPL Bank OCBC cukup merata baik ritel maupun komersial.

"Tahun ini kami masih akan fokus untuk antisipasi risiko kredit. Strategi yang kami lakukan adalah memahami kebutuhan nasabah sedini mungkin dan melakukan upaya collection secara intensif." jelas Parwati.

Kenaikan NPL juga dirasakan PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO).

Hingga Maret, NPL bank ini ada di level sekitar 3%. Penyumbang terbesarnya berasal kredit-kredit lama di sektor konsumer yakni multifinance dan perumahan.

Tapi, kenaikan NPL ini tidak terjadi di semua bank. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) misalnya mencatatkan NPL secara gross di level sekitar 2,9% per Februari dan 2,1% secara net.

Rasio NPL ini membaik jika dibandingkan dengan tahun 2018 dengan NPL gross 3,01%.

Halaman
12
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved