Breaking News:

Pemilu 2019

Sebanyak 1.700 Personel TNI Dikerahkan untuk Kawal Pemilu 2019

Komando Armada (Koarmada) I mengerahkan sebanyak 1.700 personel yang tergabung Satgas Pengamanan Pemilu 2019.

Editor:
Tribun Jakarta
Pasukan Satgas Pengamanan Pemilu Koarmada 1 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komando Armada (Koarmada) I mengerahkan sebanyak 1.700 personel yang tergabung Satgas Pengamanan Pemilu 2019.

Sebanyak 1.700 personel TNI AL tersebut tergabung ke dalam enam Satuan Setingkat Kompi (SSK) dan dipersiapkan jelang pelaksanaan Pemilu Serentak yang akan berlangsung 17 April 2019 mendatang.

Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, dari total enam SSK, tiga SSK dikerahkan langsung sebagai bantuan kendali operasi (BKO), sedangkan tiga SSK lainnya standby di markas komando masing-masing.

"Kita siapkan di wilayah Jakarta disiapkan enam SSK. Dua SSK dari Koarmada I, satu SSK dari Lantamal III. Kemudian ada cadangan satu SSK dari Kolinlamil, satu SSK dari Pushidrosal, dan satu SSK dari Seskoal," kata Yudo usai apel gelar pasukan, Senin (1/4/2019) di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca: Begini Tanggapan Forum Umat Islam, soal Pernyatan Prabowo Tak Mendukung Gerakan Khilafah

Baca: 2 Mantan Pemain Persib Bandung Ini Tampil Gemilang di Liga Thailand 1, Ini Info Lengkapnya

Baca: Massa Pendukung Sandera Jokowi Selama 20 Menit di Manado, Tanta-tanta Nekat Terobos Paspampres

Selain ribuan pasukan, 12 Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI AL juga bakal dikerahkan dalam mengamankan Pemilu di wilayah Indonesia bagian barat, khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya.

Dengan belasan KRI tersebut, Koarmada I akan melakukan penyekatan di wilayah Teluk Jakarta untuk mencegah adanya ancaman maupun sabotase jelang Pemilu.

"Untuk wilayah Jakarta ini kan semua prajurit TNI di bawah komando Pangdam. Kemudian nanti diberitahukan ke Polri sesuai permintaan. Namun untuk KRI tetep dibawah Pangkormada Satu," ucap Yudo.

Adapun pengerahan pasukan ini berlangsung mulai hari ini sampai dinyatakan status siaga satu jelang Pemilu nantinya.

Sebelumnya, sebanyak 100 ribu anggota TNI, Polri, dan sejumlah unsur komponen masyarakat mengikuti apel siaga pasukan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (22/3/2019).

Apel siaga digelar sekaligus untuk mengecek kesiapan TNI, Polri dan komponen masyarakat dalam rangka pengamanan kampanye terbuka dan pemungutan suara Pemilu 2019.

Tautan: http://jakarta.tribunnews.com/2019/04/01/koarmada-i-kerahkan-1700-personel-kawal-pemilu-2019

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved