Minim Pengalaman Politik, Seorang Komedian Berpeluang Jadi Presiden Ukraina

Popularitasnya malah melampaui para politisi mapan karena kekecewaan rakyat terhadap korupsi dan standar hidup yang tak meningkat.

net
Volodymyr Zelensky 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seorang komedian dengan pengalaman politik yang minim berpeluang memimpin putaran pertama pemilihan presiden Ukraina yang digelar Minggu (31/3/2019).

Awalnya peluang aktor sekaligus komedian Volodymyr Zelensky dianggap amat kecil dalam pemilihan presiden ini.

Namun, kemudian popularitasnya malah melampaui para politisi mapan karena kekecewaan rakyat terhadap korupsi dan standar hidup yang tak meningkat.

Pria 41 tahun bintang acara komedi politik "Pelayan Rakyat" ini dalam jajak pendapat terbaru meraup 25 persen suara jauh di atas rival terdekatnya.

Jika Zelensky memenangkan pemilihan presiden maka dia akan memimpin negeri berpenduduk 45 juta orang yang tengah mengalami perang, kehilangan wilayah, dan pemberontakan.

Zelensky juga akan menjadi pemimpin sebuah negeri yang masih menjadi salah satu yang termiskin di Eropa.

Pertanyaan besarnya apakah petahana Petro Poroshenkoatau mantan PM Yulia Tymoshenko yang akan menghadapi Zelensky pada putaran kedua bulan depan.

Dalam survey terbaru, Poroshenko dan Tymoshenko bersaing ketat di sekitar angka 17 persen.

Namun, jajak pendapat lain menunjukkan Poroshenko sedikit unggul dibanding Tymoshenko yang dulu adalah sekutu dekatnya.

Zelensky, yang basis pendukungnya adalah para pemuda, mengakui dia tak memiliki pengalaman tetapi dia yakin memiliki kekuatan untuk memimpin Ukraina.

Halaman
123
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved