Surya Paloh Kunjungi Tribun Manado: Boyong Vicky-Elly-VAP

Mengakhiri lawatan politik di Sulawesi Utara, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh mengunjungi Kantor Harian

Surya Paloh Kunjungi Tribun Manado: Boyong Vicky-Elly-VAP
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Sejumlah kepala daerah yang juga ketua DPD Nasdem dampingi ketua umum Surya Paloh datang ke Tribun Manado, 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Mengakhiri lawatan politik di Sulawesi Utara, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh mengunjungi Kantor Harian Tribun Manado dan Kantor Portal Tribunmanado.co.id di Jalan AA Maramis, Kelurahan Kairagi II, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Jumat (29/3/2019).

Paloh didampingi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sulut Max Lomban, Sekretaris DPW Victor Mailangkay, Bendahara DPW Felly Runtuwene, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Manado Vicky Lumentut, Ketua DPC Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan dan sejumlah kader tiba di Kantor Redaksi Tribun, Jumat siang. Rombongan dijemput Pemimpin Redaksi Tribun Manado Sigit Sugiharto dan Pemimpin Perusahaan Risdianto Tunandi.

Kunjungan Paloh bukan kali pertama ke Tribun Manado. Beberapa tahun silam dalam lawatannya ke Manado tak melewatkan silaturahmi bersama Tribun Manado.

Kedatangan Paloh ke Manado dalam rangka kampanye akbar Nasdem. Tiga hari Ketum Nasdem berada di Manado. Selain berkampanye, Paloh dan rombongan menyambangi sejumkah tempat, seperti kasawan wisata kuliner Koenya-Koenya di Pecinan Pasar 45, Pusat Perbelanjaan Mantos di Jalan Boulevard.

Ia akan mengakhiri kunjungan di Manado dengan menyambangi Tribun Manado, kemudian bertolak ke Bandara Sam Ratulangi.

Di antara para rombongan elite Nasdem, ada sosok Elly Lasut. Bupati Kepulauan Talaud terpilih ini dikenal sebagai Ketua DPW Partai Berkarya. Mengenakan kemeja biru lengan panjang, E2L, sapaannya suami tercinta dari Telly Tjanggulung yang juga Ketua Nasdem Minahasa Tenggara, datang beberapa saat setelah rombongan Paloh tiba.

Lebih dari 30 menit bos Media Grup (Metro TV) itu bercerita panjang lebar mengenai Nasdem, kondisi negara dan lainnya. 

  
Punya 9 Gubernur, 198 Bupati-Wali Kota

Surya Paloh menyinggung survei terbaru elektabilitas Nasdem. Dalam survei itu, Nasdem hanya meraih 2 persen suara Pemilu 2019. "Saya tidak membantah, survei ini saya terima dengan lapang dada," ujarnya.

Ia pun mengungkap beragam fakta, pada Pemilu 2014 Nasdem meraih 6,7 persen suara. Di tataran partai baru yang baru ikut pemilu pertama kali, ini rekor yang baik. Pada pemilu ini, Paloh mengaku merasakan suasana kebatinanan yang jauh dari biasanya. "Saya punya optimisme," kata dia.

Ia menjelaskan, pertarungan politik nasional saat ini dibagi per wilayah atau daerah pemilihan. Secara nasional, dibagi dalam 80 dapil. Bertambah 3 dapil dari Pemilu 2014. Ada 575 kursi DPR RI diperebutkan, jumlah kursi ini naik dari jumlah pemilu sebelumnya 560 kursi. "Target Nasdem, semoga tidak meleset, tidak ada satu dapil pun kosong," kata dia.

Minimal ada 1 kursi diperoleh. Ia pun menyentil pertarungan di zona timur, yakni Sulawesi. "Mudah-mudahan seluruh Sulawesi, Sulsel kita targer jadi partai pemenang," ungkap dia.

Ia juga mengungkap, kebangkitan Nasdem di Sulut, yang punya enam kader kepala daerah, yakni Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Wali Kota Bitung Max Lomban, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo, Bupati Minut Vonnie Panambunan dan Wakil Bupati Talaud Mochtar Parapaga. "Di Sulut ada 6 kepala daerah, kita punya base (basis) yang kuat," kata dia.

Secara nasional, tak banyak yang tahu Nasdem punya kader 9 gubernur, dan 198 kepala daerah. "Bukan hanya diusung tapi punya nomor pokok keanggotaan," kata dia.

Ia menyebut gubernur kader Nasdem, Provinsi Kepri, Riau, Sumsel, Papua Barat, Kalbar, Jambi, NTT dan Sultra. "Jika kemudian hasil survei 2,8 persen ini menarik sebagai suatu tantangan, saya tidak bantah selalu melihat perspektif yang positif," ujar dia. (ryo/crz)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved