Religi

Di Daerah Ini Syarat Menikah Harus Bisa Baca Quran

Kemampuan mengaji ini menjadi salah satu syarat pada bagian Kursus Calon Pengantin (Suscatin) yang digelar di Kantor Urusan Agama (KUA)

Di Daerah Ini Syarat Menikah Harus Bisa Baca Quran
tribun jabar
Ilustrasi menikah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Takalar akan melakukan tes mengaji bagi pasangan calon pengantin di Takalar.

Kemampuan mengaji ini menjadi salah satu syarat pada bagian Kursus Calon Pengantin (Suscatin) yang digelar di Kantor Urusan Agama (KUA) tiap kecamatan. 

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kemenag Takalar H Junaidi Mattu saat dikonfirmasi.

 "Di Kantor Urusan Agama (KUA) ada program Suscatin. Setiap calon pengantin di Takalar harus mengikuti Suscatin ini," kata H Junaidi Mattu via WhatsApp, Jumat (29/3/2019) malam.

"Di Suscatin itu, salah satu materinya adalah membaca Alqur'an, tata cara mandi junub, akhlak keseharian bagi calon suami dan calon mempelai perempuan," tambah H Junaidi Mattu.

Menurut H Junaidi Mattu, kemampuan mengaji penting bagi semua calon pasangan suami-istri sebelum menikah.

"Dengan tahu membaca Al-Qu'an, itu dapat mengantar rumah tangga mereka menjadi Samawa. Apalagi bagi pengantin laki laki, karena dia akan menjadi imam salat bagi keluarganya," jelas H Junaidi Mattu. 

Pihaknya akan meminta kepada para Kepala KUA atau penghulu untuk tidak menikahkan pasangan yang belum mampu membaca Alqur'an sampai mereka bisa membaca Alqur'an.

Suscatin ini akan menjadi jalan bagi Kemenag untuk mempersiapkan calon pengantin agar siap mengarungi biduk rumah tangga sesuai tuntunan syariat.

Keharusan membaca Alqur'an bagi calon pengantin, kata H Junaidi Mattu, sejalan dengan perda baca tulis Alqur'an No 13 tahun 2003.

Serta sejalan dengan salah satu bunyi Visi dan Misi Kementerian Agama yakni Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama dengan Misi Meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama.

"Inilah yang menjadi dasar bagi Kementerian Agama Takalar untuk mencerdaskan masyarakat Takalar dengan pendidikan keagamaan terkhusus pada Baca Tulis Alqur'an," tutup H Junaidi Mattu. 

Laporan Wartawan TribunTakalar.com, @syahrul_padli

Baca: Wanita yang Tewas Disambar Kereta Api Sudah Diketahui Identitasnya, Ini Videonya

Baca: Meski Tinggal Jauh di Amerika, Imam Masjid Asal Sulawesi Ini Paham Perkembangan di Daerahnya

TAUTAN AWAL: http://makassar.tribunnews.com/2019/03/30/syarat-menikah-di-takalar-harus-bisa-baca-quran-ini-kata-kepala-kemenag-takalar?page=all.

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved