Ada 1,8 Juta Rumah Tangga di Indonesia Hidup tanpa Listrik

Dari data Ditjen Ketenagalistrikan, dari sekitar 1,8 juta rumah tangga yang belum teraliri listrik saat ini,

Ada 1,8 Juta Rumah Tangga di Indonesia Hidup tanpa Listrik
antara
ilustrasi: rumah tanpa listrik 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Program elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah sudah mencapai angka 98,3 persen. Namun demikian, masih ada 1,8 juta rumah tangga di seluruh Indonesia yang belum teraliri listrik.

Angka tersebut berdasarkan data Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Adapun wilayah terbanyak yang belum mendapat aliran listrik justru ada Provinsi Jawa Timur.

Ada 238.687 rumah tangga yang disebut di sana. Angka itu jauh lebih banyak dibandingkan Papua yakni 7.670 rumah tangga dan Papua Barat 3.135 rumah tangga.

Menurut I Made Suprateka, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), data itu masuk akal karena kenyataan yang ditemukan di lapangan memperlihatkan, masuknya jaringan listik ke suatu desa tidak otomatis menjadikan seluruh warganya langsung bisa menikmati listrik.

"Selalu ada anomali, terutama terkait masalah daya beli konsumen listrik yang tidak merata, dan masih banyak rumah tangga yang sudah berdiri sendiri namun listriknya masih levering (nyantol) dari rumah tangga induk," sebut Made dalam pernyataannya, Sabtu (30/3/2019).

Bagi Made, angka-angka tersebut sekaligus memberi gambaran bahwa PLN masih punya pekerjaan rumah (PR) besar dalam upaya mewujudkan target menuju rasio elektrifikasi sebesar 99,9 persen yang ditetapkan Pemerintah akhir tahun ini.

Meski terkesan ‘kecil’, jelas Made, namun tantangan untuk melistriki sisa 1,7 persen desa yang belum dialiri listrik saat ini tak bisa dibilang mudah bagi PLN.

Dari data Ditjen Ketenagalistrikan, dari sekitar 1,8 juta rumah tangga yang belum teraliri listrik saat ini, kemungkinkan baru 1,62 juta rumah tangga yang akan dialiri listrik dari sistem pembangkit PLN Lebih jauh Made memaparkan, untuk mencapai target elektifikasi tersebut, setidaknya PLN harus mampu menjawab dua tantangan besar yang menghadang.

Pertama, masalah daya beli masyarakat, dan yang kedua persoalan infrastruktur.

PLN, lanjut Made, menyadari penuntasan masuknya listrik ke berbagai wilayah sangat krusial untuk mengangkat harkat penduduk daerah tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masih Ada 1,8 Juta Rumah Tangga Belum Teraliri Listrik, Ini PR PLN", https://money.kompas.com/read/2019/03/30/095041026/masih-ada-18-juta-rumah-tangga-belum-teraliri-listrik-ini-pr-pln.

Editor: Charles Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved