Kasus Penipuan Media Online

Terancam Hukuman 30 Tahun, Pria ini Tipu Facebook dan Google, Uang 121 Juta Dollar AS Digasak

Di era digital seperti sekarang, bahkan raksasa teknologi macam Google dan Facebook pun bisa menjadi korban penipuandengan teknik phising via e-mail.

Terancam Hukuman 30 Tahun, Pria ini Tipu Facebook dan Google, Uang 121 Juta Dollar AS Digasak
Pixabay.com
Google dan Facebook - Logo Aplikasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Di era digital seperti sekarang, bahkan raksasa teknologi macam Google dan Facebook pun bisa menjadi korban penipuan dengan teknik phising via e-mail.

Kejahatan tersebut dilakukan oleh Evaldas Ramasauskas, seorang pria 50 tahun warga Lithuania, yang mengaku bersalah telah menipu Google dan Facebook.

Ramasauskas menggasak dana 23 juta dollar AS dari Google pada 2013, lalu berlanjut mencuri 98 juta dollar AS dari Facebook pada 2015.

Total uang yang dibawa kabur oleh dia pun mencapai 121 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,7 triliun.

Ramasauskas ditangkap dan diekstradisi ke New York, Amerika Serikat, pada Agustus 2017.

Dia terancam hukuman penjara hingga 30 tahun akibat kejahatannya. Vonis Ramasauskas akan diumumkan pengadilan pada 24 Juli mendatang.

“Saya sepenuhnya paham bahwa aksi saya merupakan tindak penipuan,” ujarnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Kamis (28/3/2019).

Bagaimana Ramasauskas bisa menipu dua raksasa Silicon Valley?

Pria paruh baya itu berpura-pura menjadi perwakilan Quanta Computer, perusahaan asal Taiwan yang memang sering berbisnis dengan Googledan Facebook.

Baca: Hasil Tes Tertulis Retel Tahun 2019 Sudah Keluar, Bisa Dicek Lewat Link Ini!

Lewat e-mail yang dikirimkan ke pegawai keuangan di kedua perusahaan, dia meminta agar transfer uang untuk pembayaran proyek Google dan Facebook dialihkan ke rekening bank lain yang beralamat di Latvia dan Siprus.

Halaman
12
Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved