Patung Bocah Pipis di Belgia Sudah Keluarkan 250 Juta Liter Air Selama 400 Tahun

Patung itu mengeluarkan setidaknya 1.000 hingga 2.500 liter air bersih setiap harinya dari patung bertinggi 60 cm itu.

Patung Bocah Pipis di Belgia Sudah Keluarkan 250 Juta Liter Air Selama 400 Tahun
net
Patung Manneken Pis di di Brussels, Belgia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Patung bocah pipis legendaris yang menjadi ikon wisata di Brussels, Belgia, dilaporkan bakal dibuat lebih ramah lingkungan.

Pasalnya selama ratusan tahun, Patung Manneken Pis diketahui telah mengeluarkan ribuan liter air bersih secara sia-sia ke selokan.

Diwartakan Daily Mail Rabu (27/3/2019), patung itu mengeluarkan setidaknya 1.000 hingga 2.500 liter air bersih setiap harinya dari patung bertinggi 60 cm itu.

Jumlah yang cukup memenuhi kebutuhan harian 10 rumah itu diketahui setelah teknisi energi Regis Callens memasang pengukur air dekat patung perunggu.

Jika kalkulasi yang dipaparkan benar, maka total patung bocah pipis itu telah mengeluarkan lebih dari 250 juta liter air bersih selama 400 tahun.

Sebagai tindak lanjut dari temuan tersebut, pakar pun memasang sistem baru yang bisa mendaur ulang air tatkala keluar dari patung.

Kini, Manneken Pis tidak lagi mengeluarkan air bersih. Namun air yang sebelumnya dikeluarkan dialirkan kembali ke badan patung melalui sirkuit tertutup.

Seperti diberitakan Brussels Times, sebuah kanal dibangun untuk mengumpulkan air yang sudah dikeluarkan dan dialirkan kembali, dengan sirkuit permanen bakal dipasang lain waktu.

Kepada harian Perancis La Derniere Heure, Callens mengatakan awalnya mereka tidak tahu jika patung tersebut sudah mengeluarkan air bersih dalam jumlah besar.

"Kami mengira patung itu sudah berada dalam posisi sirkuit tertutup karena setiap hari mengeluarkan 300-400 liter, dan tidak ada yang memperhatikannya," paparnya.

Halaman
12
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved