OD-SK Dampingi Yahya ke Pulisan, Menteri: KEK Wisata Beroperasi Juni

Kabar gembira dari sektor pariwisata! Sulawesi Utara segera memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Menteri Pariwisata Arief Yahya

OD-SK Dampingi Yahya ke Pulisan, Menteri: KEK Wisata Beroperasi Juni
ISTIMEWA
Gubernur Sulut Olly Dondokambey mendampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya di lokasi KEK Likupang, Minut, Rabu (27/3/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kabar gembira dari sektor pariwisata! Sulawesi Utara segera memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Juni 2019, KEK Pariwisata di Minahasa Utara sudah mulai beroperasi. Keinginan pemerintah diungkapkan Yahya saat menghadiri kickoff meeting pengusulan KEK Pariwisata Tanjung Pulisan-Likupang di Hotel Sintesa Peninsula, Kota Manado, Rabu (27/3/2019).

"Waktu Desember lalu saya kemari, saya ingin semua persiapan selesai bulan Maret semuanya sudah selesai dan sudah diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, tadi ke Diputi Kemenko Perekonomian," ujarnya.

Katanya, meski penandatanganan sedikit lama, namun ia berharap Juni 2019, Sulut telah memiliki KEK Pariwisata yang pertama. KEK Tanjung Pulisan-Likupang, Kabupaten Minut.

"Jangan lupa selalu pakai aksesibilitas, amenitas dan atraksi (3A), atraksinya harus level dunia, dan jangan khawatir bahwa kita sudah ada taman nasional, pulau Lembeh dan Bunaken. Berikut aksesnya. Nah aksesnya itu harus dibuat sebaik mungkin," bebernya.

"Saya imbau untuk bandara tentunya pihak Angkasa Pura, agar bandaranya di perpanjang sampai 3000 meter, agar akses ini lebih lancar. Saya ingin KEK ini ada perahu pesiar, agar setiap pariwisata mendatangi lokasi KEK bisa pesiar dengan kapal tersebut," ungkapnya.

Sulut punya potensi besar di sektor pariwisata, belum ada KEK, kunjungan wisatawan mancanegara bahkan melonjak hingga 300 persen, jauh melampaui pertumbuhan wisatawan nasional yang hanya 22 persen. "Sulut jadi bintang pariwisata, jadi contoh daerah lain," ungkap dia.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dampingi Menteri Yahya. Gubernur bersama Menteri melakukan penyerahan kredit usaha rakyat (KUR). Gubernur memperkenalkan kepada Menteri tentang destinasi pariwisata di Likupang.

"Kita saat ini sedang genjotnya memprioritaskan dunia pariwisata sehingga banyak wisatawan yang nantinya datang di Sulut," katanya.
Rombongan termasuk dari Diputi Kemenko Perekonomian melakukan kickoff bersama sebelum meninjau lokasi KEK Tanjung Pulisan-Likupang.

Wagub mengatakan, pengembangan pariwisata di Sulut buah ide dari Gubernur Olly Dondokambey. Nyatanya bisa memajukan ekonomi Sulut di tengah lesunya sejumlah komoditi andalan daerah ini. "Sektor pariwisata yang menjadi pendongkrak perekonomian daerah," ungkap Kandouw.

Pengembangan pariwisata menjadi satu di antara prioritas pemerintahan OD-SK. "Ini sudah menjadi roadmap kita, dan Pak Gubenur mengalokasikan 25 persen dari APBD kita sekira Rp 4 triliun," kata mantan Ketua DPRD Sulut ini.

Mendukung akses menuju KEK, sudah Rp 60 miliar untuk pembebasan dan pembuatan jalan. "Bagi kami istilahnya KEK Pariwisata ini bukan baru kickoff, tapi sudah hampir gol," kata dia. (juf/ryo/fer)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved