Belasan Perusahaan Sulawesi Utara yang Sudah Layak Go Public

ari sekian banyak perusahaan di Sulawesi Utara, hanya belasan yang masuk kategori layak go publik alias melantai di Pasar Modal Indonesia.

Belasan Perusahaan Sulawesi Utara yang Sudah Layak Go Public
kontan
Suasana di Bursa Efek Indonesia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dari sekian banyak perusahaan di Sulawesi Utara, hanya belasan yang masuk kategori layak go publik alias melantai di Pasar Modal Indonesia.

Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sulawesi Utara, Mario Iroth menyebut, baru 13 perusahaan yang layak berdasarkan penilaian pihaknya.

"Itu data per 2018 dan agaknya tak banyak berubah," katanya usai workshop Go Publik Bagi Pelaku Usaha di Manado yang digelar BEI di Swiss Belhotel Maleosan Manado, Kamis (28/3/2019).

Baca: BPJS Ketenagakerjaan Lindungi 17 Ribu Honorer Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN

Baca: Raih Kemenangan di Seri Perdana, Dovizioso Persiapkan Diri Tampil Maksimal di Seri-seri Berikutnya

Baca: Gubernur Olly Pantau Proses Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung

Menurutnya, perusahaan laik atau tidak melanda di pasar modal sangat bergantung pada kinerja manajemen, keuangan, aset dan lain-lain.

Belasan perusahaan itu bermain di sektor perikanan, pengolahan hasil perkebunan, ritel, hospitality (perhotelan), general kontraktor dan perdagangan.

Hanya saja, dari belasan itu baru satu yang memberanikan diri mengajukan Initial Public Offering (IPO) alias penawaran perdana di Pasar Modal Indonesia.

"Sejauh ini satu perusahaan eksportir hasil perikanan di Bitung yang sudah ajukan tapi masih kurang terkait manajemen asetnya. Masih tahap konsolidasi," ujar Mario.

Baca: Konstruksi Terowongan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gunakan Bor Raksasa dari Cina

Ia berharap agar pelaku usaha berani memulai tahapan untuk melantai di bursa saham.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara Ir Jenny Karouw mengatakan, pemerintah mendorong pelaku usaha meningkatkan skala bisnisnya agar bisa mendorong ekonomi lokal

"Tentu harapannya bisa ada yang go public tapi itu sepenuhnya dikembalikan ke masing-masing perusahaan. Sepengetahuan kami, ada beberapa yang secara normatif sudah layak," Jenny.

Ia mengatakan, memang tak mudah bagi perusahaan untuk go publik.

"Sebab standar yang ditetapkan berbeda dan ada konsekuensi-konsekuensinya," katanya.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved