Warga Minta Dinkes Lakukan Fogging

Gigitan nyamuk demam berdarah atau DBD masih terjadi di wilayah Dumoga, Kelurahan Imandi, Bolaang Mongondow (Bolmong).

Warga Minta Dinkes Lakukan Fogging
tribun manado/maickel karundeng
Dinkes lakukan Fogging di Passi Timur beberapa waktu lalu 

Warga Minta Dinkes Lakukan Fogging 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO- Gigitan nyamuk demam berdarah atau DBD masih terjadi di wilayah Dumoga, Kelurahan Imandi, Bolaang Mongondow (Bolmong).

Satu diantara warga Imandi meminta Puskesmas Imandi atau Dinas Kesehatan melakukan tindakan fogging atau pengasapan guna membasmi nyamuk-nyamuk.

"Saya dan anggota keluarga positif DBD. Kasus ini sudah saya sampaikan ke Puskesmas Imandi dan mereka menyampikan sedang menunggu obat fogging," kata warga yang enggan disebutkan namanya, Rabu (27/03/2019).

Baca: Astaga! Ibu Ini Tak Menyesal Hanyutkan Bayinya ke Sungai Hingga Mati Tenggelam

Kami berharap instansi terkait dapat menindaklanjuti laporan warga. "Apalagi kasus DBD berdekatan dengan Puskesmas," sebutnya.

Terpisah, Anggota DPRD Bolmong Robby Giroth meminta adanya tindakan Dinkes untuk melakukan penyelidikan di lokasi atas laporan warga.

"Jangan sampai ada korban jiwa karena DBD. Jadi saya bersama warga berharap instansi terkait bisa turun lapangan agar mencegah kasus DBD semakin banyak," ungkap Giroth.

Baca: BERITA TERBARU! Jenazah Pendeta Muda Dibawa ke Nias, Sedih dan Tangis Menyelimuti Keluarga

Ia menambahkan, kasus DBD harus jadi perhatian baik dari Dinkes terlebih masyarakat sendiri. "Kebersihan lingkungan sekitar perlu diperhatikan agar tidak ada nyamuk demam berdarah yang berkembang biak. Selain Pemerintah, warga juga wajib menjaga kebersihan lingkungan," jelas Girtoh yang adalah anggota DPRD Partai Golkar.

Sementara Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Wiyono menyampikan bahwa Fogging sifatnya hanya sementara bukan pencegahan jangka panjang. "Kalau mau terhindar harus melalui pengendalian lingkungan," katanya.

Baca: Reima Owu, Merias Jenazah Pakai Make Up Peralatan Milik Almarhum atau Almarhumah

Ia meminta warga untuk giatkan lagi upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus secara rutin yang lebih efektif daripada fogging.

"PSN melalui 3M Plus serta pemberian butiran Larvasida pada kontainer atau bak penampungan air, pot bunga dan sejenisnya ialah cara ampuh mengatasi DBD," jelas Wiyono.

Ia menambahkan, Dinkes nantinya akan melakukan pengecekan di lokasi terkait laporan warga.

Baca: Kemarin Sejumlah Kepala Daerah Tunggu Kedatangan Surya Paloh di VIP Bandara Samrat

Berdasarkan data dari Dinkes, bulan Maret sampai dengan tanggal 25 sudah ada 7 kasus DBD yang terjadi di wilayah Bolmong. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved