Tim Eks Bawaslu di Balik Kemenangan Felly Runtuwene Pada Sidang Pelanggaran Administrasi Pemilu

Tim dipimpin oleh Fendy Ratulangi yang juga ikut dalam seleksi Anggota Bawaslu. Hasilnya FER tak terbukti melanggar aturan seperti yang disangkakan

Tim Eks Bawaslu di Balik Kemenangan Felly Runtuwene Pada Sidang Pelanggaran Administrasi Pemilu
Istimewa
Sidang Pelanggaran Administrasi Pemilu 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Majelis Hakim Bawaslu Sulut memutuskan Caleg DPR RI Partai Nasdem, Felly Estelita Runtuwene tak terbukti melanggar administrasi Pemilu kaitan dengan kasus tersebarnya bahan kampanye di Unima.

Keputusan itu ditetapkan oleh Majelis Hakim, Senin (25/3/2019) jelang tengah malam. Sedari awal Felly Runtuwene tak memandang remeh kasus yang dilaporkan Bawaslu Minahasa ini.

Politisi yang menjabat sebagai Anggota DPRD Sulut menyiapkan tim kuasa hukum yang menguasai persoalan pemilu

Ia merekrut Kuasa Hukum yang paham proses hukum pemilu, setidaknya 3 mantan Anggota Bawaslu di dalamnya, Ventje Bawengan, Mantan Bawaslu Minahasa; Winsy Kuhu, Mantan Bawaslu Minsel; dan Jack Budiman, Mantan Bawaslu Tomohon

Tim dipimpin oleh Fendy Ratulangi yang juga ikut dalam seleksi Anggota Bawaslu.  Hasilnya FER tak terbukti melanggar aturan seperti yang disangkakan pelapor Bawaslu Minahasa

Usai keputusan itu, Fendy Ratulangi menyampaikan tanggapan atas kemenangan tim. "Tanggapan kami pertama, Partai Nasdem sangat menghormati dan menghargai untuk keputusan yang sudah diproses penyelenggara pemilu saat ini, dan kami sangat berterima kasih dengan hasil ini, hasil yang mendudukan persoalan ini betul-betul persoalan prosedur hukum yang berlaku," kata dia.

Tak Terbukti
Laporan Bawaslu Minahasa atas dugaan pelanggaran administrasi Pemilu dilakukan Caleg Nasdem Felly Runtuwene tak terbukti di Sidang Ajudikasi Bawaslu Sulut.

 Majelis Hakim Bawaslu Sulut memutuskan kasus penyebaran bahan kampanye di Unima, Januari silam tak terbukti.  Mustarin Humagi, Majelis Hakim Bawaslu Sulut mengungkapkan, laporan bawaslu Minahasa secara sah  tidak terbukti. 

 Kemudian kedua, Terlapor Felly Estelita Runtuwene tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran perundang-undangan yang berlaku

 Ketiga mejelis hakim menolak permohonan pelapor (Bawaslu Minahasa) untuk seluruhnya.  Sebelumnya, caleg DPR RI partai Nasdem Felly Estelita Runtuwene (FER) digoyang isu tak sedap.

Baca: Felly Runtuwene Merasa Lucu dan Gemas Kasus Bahan Kampanye di Unima

 Pada 21 Januari 2019, Felly hadir pada pembekalan mahasiswa KKN di Kampus Unima. Ketika itu Felly menjadi pemateri membawakan materi dengan tema "Membangun Jiwa Kewirausahaan.”

Belakangan tim kampanye Felly dituding membagikan pulpen serta jam dinding kepada mahasiswa yang hadir. Bahan kampanye itu ada logo dan tulisan Partai Nasdem serta dan tulisan FER - 5 di pulpen, dan gambar dirinya di jam dinding.

Kasus ini bergulir di Sentra Gakumdu Minahasa, gabungan instansi yakni Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian. Tapi tiga instansi itu tak sepakat kasus ini dibawa ke pidana pemilu. Kasus itu dinyatakan tak memenuhi unsur.

Bawaslu kemudian mengambil langkah membawa kasus ini ke pelanggaran administrasi pemilu. Hasilnya, FER tetap tak terbukti melakukan pelanggaran. (ryo)

Berita Populer: Ini Penjelasan Atasan Honorer di Manado yang Meninggal Dunia Akibat Tekanan Kerja

 

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved