Inilah 6 Prioritas Pemkab Mitra dalam RKPD

Musrembang kali ini mengambil tema Pembanguan Tahun 2020 adalah Mewujudkan Mitra Sehat, Cerdas, Tangguh dan Berdaya Saing.

Inilah 6 Prioritas Pemkab Mitra dalam RKPD
Istimewa
Jajaran Pemkab Minahasa Tenggara bersama Forkopimda mengikuti Musrembang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Mitra tahun 2020 bertempat di Sport Hall Kantor Bupati, Selasa (26/3/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara James Sumendap membuka Musrembang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Mitra tahun 2020 bertempat di Sport Hall Kantor Bupati, Selasa (26/3/2019).

Musrembang kali ini mengambil tema Pembanguan Tahun 2020 Adalah Mewujudkan Mitra Sehat, Cerdas, Tangguh dan Berdaya Saing.

Baca: Tingkatkan Kapabilitas, Manado Independent School Kirim Administrator ke Filipina

Baca: Posting Foto Masa Lalu, Maia Estianty Mengaku Kurang Suka dengan Bagian Wajah Ini

Baca: Beli Ban Dunlop di Hasjrat Fair 2019 Megamall, Diskon 25 Persen

Sedikitnya 6 prioritas pembangunan dibahas dalam musrembang ini, antara lain:

1. Pengurangan kemiskinan dan pengangguran.
2. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pendidikan.
3. Ketahanan pangan melalui peningkatan produksi dan produktifitas pertanian, perkebunan dan perikanan.
4. Peningkatan ekonomi, daya saing iklim usaha, pariwisata, koperasi dan UMKM.
5. Infrastruktur layanan dasar, tata ruang, mitigasi bencana dan lingkungan hidup.
6. Reformasi birokrasi, tata kelola pemerintahan dan optimalisasi pelayanan publik.

Sementara Bupati JS mengatakan Musrembang dilaksanakan sebagai salah satu tahunan dalam perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan UU Nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Yaitu proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat. Dalam hal ini masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan, artinya masyarakat diikut sertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan,” jelas Bupati JS.

Dia berharap tahun ini mampu merumuskan beberapa kebijakan dan program strategis untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan.

“Musrembang ini bukan hanya sekedar seremonial belaka melainkan mampu menghasilkan penyelarasan program dan kegiatan, mempertahankan indikator serta target program kegiatan dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sinergi pelaksanaan pembangunan daerah dan menghasilkan bahan pemutahiran rancangan RKPD Kabupaten Mitra tahun 2020,” terangnya lagi.

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved