Felly Runtuwene Merasa 'Lucu' dan 'Gemas' Kasus Bahan Kampanye di Unima

Majelis Hakim Bawaslu Sulut memutuskan Caleg DPR RI Nasdem, Felly Estelita Runtuwene tak terbukti melakukan pelanggaran administrasi Pemilu.

Felly Runtuwene Merasa 'Lucu' dan 'Gemas' Kasus Bahan Kampanye di Unima
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Bendahara DPW Nasdem Sulut, Felly Runtuwene 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Majelis Hakim Bawaslu Sulut memutuskan Caleg DPR RI Nasdem, Felly Estelita Runtuwene tak terbukti melakukan pelanggaran administrasi Pemilu.

Kasus ini disidang kaitan dengan tersebarnya bahan kampanye FER di Kampus Unima, 21 Januari 2019 saat pembekalan KKN Mahasiswa, di mana ia hadir sebagai pembicara terkait kewirausahaan. Felly Runtuwene ketika diwawancara mengakui sedari awal ada keanehan pada kasus ini.

Kasus ini sudah diproses Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu), di mana Bawaslu Minahasa, tergabung bersama Kejaksaan dan Kepolisian. Keputusan Gakumdu, sebelumnya kasus yang dilaporkan ini tidak memenuhi unsur pidana pemilu.

"Keanehannya awalnya dia (Bawaslu Minahasa) memutuskan bersama Gakumdu, ini dia juga yang laporkan lagi," kata dia.

Melaporkan lagi dimaksud yakni, Bawaslu Minahasa mengajukan laporan ke Bawaslu Sulut untuk proses sidang ajudikasi dugaan pelanggaran administrasi pemilu

Felly mengaku masih awam soal penanganan kasus pemilu, tapi sekilas ia menilai ada yang tidak pas dalam proses ini, diproses kembali padahal sudah kedaluwarsa. "Tapi tetap dipaksakan," ujar dia.

Hasilnya keputusan akhir tidak juga terbukti,  permohonan pelapor ditolak semua. "Ini apa sebenarnya? Siapa sih FER ini, sampai segitunya, kadang saya mikir kok bisa ya?" ujar dia.

"Saya anggap ini lucu, kadang gemas, suka-suka mereka sajalah," kata dia lagi.

Tak Terbukti

Sebelumnya, laporan Bawaslu Minahasa atas dugaan pelanggaran administrasi Pemilu dilakukan Caleg Nasdem Felly Runtuwene tak terbukti di Sidang Ajudikasi Bawaslu Sulut.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved