Wawali Nayodo Pimpin Upacara HUT Tiga Satuan

Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, Senin (25/03/2019) memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) tiga satuan

Wawali Nayodo Pimpin Upacara HUT Tiga Satuan
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Wawali Nayodo Pimpin Upacara HUT Tiga Satuan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU- Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, Senin (25/03/2019)  memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) tiga satuan. HUT ke 69 Sat Pol PP, HUT ke 100 Damkar, dan HUT ke 57 Sat Linmas.

Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutan tersebut menteri mengatakan bahwa Peringatan HUT ke-100 pemadam kebakaran, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas mengajak seluruh bangsa lndonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

Lanjut Wawali Nayodo masih membacakan sambutan menteri bahwa Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas berperan aktif dalam proses dan melindungi pembangunan, termasuk perlindungan masyarakat dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca: Wawali Nayodo Koerniawan Tandatangani Deklarasi Sekolah Ramah Anak di Kotamobagu

"Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa lndonesia, seperti Pemilu Serentak 2019 sebagai elemen penting kehidupan demokrasi.
Peran penting damkar, Satpol PP, dan Satlinmas tercermin dari tugas serta tanggung jawabnya," ujar Wawali.

Tugas damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran; melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran; pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Wawali mengatakan, Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan perda dan perkada; menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Dan satuan perlindungan masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

"Peringatan hari ulang tahun ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas sebagai momentum untuk meneruskan dedikasi perjuangan mewujudkan ketenteraman, keamanan, serta ketertiban bagi masyarakat," ujar Wawali. (dik)

Berita Populer: Azan Berkumandang saat Kampanye di Manado, Prabowo: Ada Kesempatan Saya Minum Kopi

Penulis: Handhika Dawangi
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved