Penyelamat Pantai Berusaha Evakuasi 1.300 Orang, Cuaca Buruk Hantam Kapal Pesiar

"Aku takut. Aku belum pernah mengalami hal yang begitu menyeramkan," Janet Jacob, satu di antara penumpang yang berhasil dievakuasi.

Penyelamat Pantai Berusaha Evakuasi 1.300 Orang, Cuaca Buruk Hantam Kapal Pesiar
AP
Proses evakuasi penumpang dan awak kapal pesiar yang terhantam cuaca buruk di Norwegia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Petugas penyelamat di pantai barat Norwegia berusaha mengevakuasi 1.300 penumpang dan awak kapal pesiar, Sabtu (23/3/2019).

Petugas menggunakan helikopter untuk mengangkut mereka dari kapal yang terempas ombak. Angin kencang menjadi tantangan dalam proses penyelamatan ini.

Mengutip dari AP dan surat kabar Norwegia AV, kapal pesiar Viking Sky mengeluarkan panggilan darurat atau mayday karena hantaman cuaca buruk.

Mereka pun harus menghadapi permasalahan mesin. Akibatnya kapal pesiar tersebut oleng menuju pantai berbatu. Kru khawatir kapal kandas.

Kapal tersebut kemudian berhasil berlabuh di Teluk Hustadsvika, antara kota Norwegia Alesund dan Trondheim. Evakuasi pun akhirnya dapat dilakukan.

Tim penyelamat dengan helikopter dan kapal dikirim untuk mengevakuasi penumpang dan awak kapal pesiar.

Media Norwegia melaporkan, angin berembus hingga 43 mph dan gelombang lebih dari 26 kaki di daerah yang dikenal karena perairannya yang dingin dan beku.

Mayoritas penumpang kapal pesiar dilaporkan merupakan turis Inggris dan Amerika.

Pada jam 6 sore, sekitar 100 orang telah diselamatkan dan dibawa ke gedung olahraga terdekat.

Video dan foto-foto dari orang-orang di kapal menunjukkan kapal naik-turun, dengan kursi dan perabotan lainnya bergulingan.

Ombak memecah beberapa jendela kapal dan air dingin mengalir di kaki beberapa penumpang.

"Aku takut. Aku belum pernah mengalami hal yang begitu menyeramkan," Janet Jacob, di antara kelompok penumpang pertama dievakuasi ke kota Molde di dekatnya.

Penulis: Edi Sukasah
Editor: Edi Sukasah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved