Dipanggil Jaksa Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa, Sair : Saya Minta Penangguhan

Inspektur Kota Kotamobagu Sair Lentang belum memenuhi panggilan Jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kotamobagu Kamis pekan lalu.

Dipanggil Jaksa Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa, Sair : Saya Minta Penangguhan
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
Kepala Inspektorat Kotamobagu, Sair Lentang 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Inspektur Kota Kotamobagu Sair Lentang belum memenuhi panggilan Jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kotamobagu Kamis pekan lalu.

"Saya minta penangguhan karena banyak kegiatan," ujar Sair kepada Tribun Manado, Jumat lalu.

Sair mengatakan pemanggilan terhadap dirinya yakni untuk konfirmasi terkait pemeriksaan di Bungko (dugaan penyalahgunaan dandes). "Saya diminta hadir pada Kamis. Saya pelaksana kegiatan saat itu dan tidak bisa hadir. Jumat juga ada exit meeting saya tidak bisa hadir.  Insyaallah Rabu depan (27 Maret)," ujar dia.

Lanjut Sair, yang diminta nanti itu konfirmasi pelaksanaan pemeriksaan. Sudah sekitar dua bulan sejak akhir bulan lalu permintaan hasil pemeriksaan diminta oleh Kejari namun tak kunjung diberikan Inspektorat.

Baca: Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dandes, Inspektorat Kotamobagu Segera Menyurat ke Kejari

"Pada pemeriksaan itu setelah dikaji ulang ternyata ada hal yang tertinggal. Kita harus lihat lagi. Ketika kita konfirmasi dengan pimpinan, pimpinan bertanya ini gimana. Kita kroscek lagi.  Tim audit juga kebetulan yang lain sedang tugas luar di Manado. Jadi menunggu mereka lalu dikaji lagi," ujar Sair.

Sair kemudian memberi gambaran terkait pengecekan kembali pada pemeriksaan dugaan penyalahgunaan dana desa.

"Semisal harga perolehan atau harga Solar Cell per unit berapa itu dibanding-banding. Karena ada harga di luar situ. Itu semua harus dihitung. Akan dilihat jangan-jangan laporan dari masyarakat itu dia hanya melihat bahwa misalnya harga pisang goreng di kantin begitu. Tapi ketika pakai GoJek berapa nilainya. Ada biaya lainnya. Itu hanya perumpaan. Seperti itu juga pada pemeriksaan di Bungko," ujar Sair.

Sebelumnya Sair mengatakan pemeriksaan telah selesai namun ada yang dikaji ulang.

"Tadinya sudah selesai. kemudian direview lagi oleh pimpinan. Mungkin akan dikroscek lagi oleh pimpinan. Kita belum bisa memberikan statemen apakah ada kerugian atau tidak. Karena ada beberapa item yang barangkali belum sempat dikorek oleh tim. Mungkin biaya lain-lain ini yang tidak masuk," ujar dia. (dik)

Berita Populer: Luna Maya Kedapatan Joget Asyik Bersama Ariel NOAH, Netizen: Semua Berkat Reino Barack

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved