(VIDEO) - Halangai Pandangan Selama 3 Detik, Kim Jong Un Pecat Fotografer Pribadinya

Kim Jong Un dilaporkan mendepak fotografer pribadinya karena dianggap menghalangi "kemuliaan tertingginya".

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan mendepak fotografer pribadinya karena dianggap menghalangi "kemuliaan tertingginya".

Fotografer yang diidentifikasi mempunyai marga Ri itu dipecat ketika dia mencoba merangsek ke kerumunan jurnalis guna mendapatkan gambar sempurna Kim tatkala pemilu Korut.

Sumber internal Korut dikutip Daily Mail Jumat (22/3/2019) menyatakan, Ri dianggap bersalah karena flash kameranya menutupi leher "Sang Pemimpin Tertinggi".

Saat itu, dia berdiri di hadapan Kim sehingga menutupi pandangan khalayak kepada pemimpin yang berkuasa sejak 2011 itu selama tiga detik.

Ri juga dianggap bersalah atas dua tuduhan. Satu adalah dia melanggar larangan bagi awak media untuk berdiri sejauh dua meter dari Kim.

Selain itu dia juga dianggap tidak mengindahkan larangan bagi jurnalis untuk mengambil gambar secara langsung di depan sang pemimpin.

Karena dianggap bersalah, fotografer berusia 47 tahun itu selain dipecat, dia juga dikeluarkan dari Partai Buruh, membuat Ri menjadi warga kelas dua.

Padahal belum genap satu bulan lalu, Ri mendapat kehormatan untuk mengambil gambar pertemuan Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Hanoi, Vietnam, Februari lalu.

Insiden itu terjadi ketika Kim muncul di depan publik saat pemilu yang berlangsung 10 Maret lalu. Saat itu, Kim datang untuk memberikan suara.

Ketika selesai dan hendak menemui rakyat itulah, Ri datang dan mencari posisi terbaik memotret Kim. Fotografer di belakang kerumunan pun memotret aksinya.

Baca: 5 Fakta Pembunuhan di Limba U1 Gorontalo, Tukang Kunci Dekat Rumah Korban hingga Akan Nikah

Baca: Jokowi Melawan Setelah Difitnah 4,5 Tahun, Begini Tanggapan Ferdinand Hutahaean

Jepretan si fotografer yang tak diketahui identitasnya itu segera disiarkan di televisi pemerintah, sekaligus memastikan nasib buruk Ri.

Sementara sumber lain mengungkapkan kepala juru foto Korut memanggil Ri dan mengatakan dia sudah merusak "Kemuliaan Tertinggi" yang dimiliki Kim.

"Kepala fotografer langsung memecat Ri setelah menunjukkan video itu dan menjelaskan apa yang dia lakukan telah merusak martabat partai," ucap sumber tersebut. (*)

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un Pecat Fotografer Pribadi karena Halangi Pandangan Selama 3 Detik"

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved