Tanpa Gunakan Rompi Khusus, KPK Geledah Kankemenag Gresik dan Bawa 2 Koper

KPK meninggalkan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Gresik, yang berada di Jalan Jaksa Agung Nomor 39, Gresik, Rabu (20/3/2019)

Tanpa Gunakan Rompi Khusus, KPK Geledah Kankemenag Gresik dan Bawa 2 Koper
(KOMPAS.com / HAMZAH)
Salah seorang tim penyidik dari KPK, saat bergegas keluar meninggalkan Kankemenag Gresik usai penggeledahan di ruang kepala Kankemenag, Rabu (20/3/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meninggalkan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Gresik, yang berada di Jalan Jaksa Agung Nomor 39, Gresik, Rabu (20/3/2019) sekitar pukul 12.30 WIB, setelah selesai melakukan penggeledahan.

Terlihat anggota tim sudah tidak lagi mengenakan rompi KPK yang sebelumnya dikenakan, saat keluar meninggalkan Kankemenag Gresik.

Tim membawa dua koper, satu berwarna biru dan satu lagi berwarna kuning, yang langsung dimasukkan ke dalam mobil Toyota Innova yang mereka tumpangi.

Tim KPK pergi meninggalkan Kankemenag Gresik tanpa berkenan menjawab pertanyaan dari awak media terkait barang apa saja yang mereka bawa usai melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di ruang kerja Kepala Kankemenag Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi.

Baca: Romahurmuziy Tersangka OTT KPK Menjadi Pendiam di Sel, Ini Penyebabnya

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Tata Usaha (TU) Kankemenag Gresik, Munir, yang turut mendampingi petugas dari KPK saat pengeledahan tersebut mengatakan, dua koper yang turut dibawa merupakan berkas dokumen yang ada di ruang kerja kepala Kankemenag Gresik.

"Saya kurang tahu apa saja yang dibawa, hanya yang jelas itu berkas-berkas dan dokumen yang ada di ruangan Pak Kepala," ujar Munir, kepada awak media usai penggeledahan, Rabu.

Munir juga mengaku, dirinya disuruh oleh petugas dari KPK untuk mendampingi saat penggeledahan dilakukan sebagai saksi, mewakili dari pihak Kankemenag Gresik.

"Tadi sekitar 2,5 jam (proses penggeledahan). Saya sendiri memang disuruh sebagai saksi, dengan lebih dulu disuruh menandatangani beberapa lembar surat, mungkin BAP (Berita Acara Pemeriksaan)," ucap dia.

Baca: Inilah Barang Elektronik Romahurmuziy yang Disita KPK

Baca: BERITA TERBARU! Baku Tembak Antar KKB dan Polri di Nduga Papua, Inilah Kronologinya

Tim penyidik dari KPK berjumlah sekitar delapan orang, mendatangi Kankemenag Gresik sekitar pukul 09.30 WIB, dengan mengendarai tiga unit mobil Toyota Kijang Innova. Mereka meninggalkan lokasi, sekitar pukul 12.30 WIB, dengan selama proses penggeledahan berlangsung dibantu oleh dua anggota kepolisian untuk berjaga-jaga.

Satu hari sebelumnya, tim penyidik dari KPK sempat mendatangi dan menggeledah ruang kerja Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin, di Jalan Raya Juanda Nomor 26, Sidoarjo, Selasa (19/3/2019).

Baik Kepala Kankemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Haris turut diamankan bersama Ketua Umum PPP, Romahurmuziy, dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK di Surabaya, Jumat (15/3/2019) lalu.

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Geledah Kankemenag Gresik, Tim Penyidik KPK Bawa 2 Koper

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved