Pengungsi Gunung Karangetang Kembali ke Rumah, Vera Rindu Urus Kebun

Setelah sebulan 29 kepala keluarga pengungsi Gunung Karangetang akhirnya dipulangkan. Vera Kakomole mengungkapkan sudah rindu untuk berkebun

Pengungsi Gunung Karangetang Kembali ke Rumah, Vera Rindu Urus Kebun
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Pengungsi Gunung Karangetang yang akan kembali ke rumahnya, Rabu (20/03/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO- Setelah sebulan lebih tinggal di pengungsian, akhirnya 29 kepala keluarga dipulangkan ke rumah masing-masing, Rabu (20/3) siang.

Mereka diantar menggunakan 10 mobil angkutan umum yang sering digunakan di Siau. Para pengungsi yang dipulangkan adalah yang rumahnya di wilayah aman.

Namun ada enam kepala keluarga yang tetap tinggal lantaran rumah mereka masuk di zona bahaya, sehingga tidak diperkenankan kembali lagi. Untuk mereka, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro akan menyiapkan hunian sementara.

Usai makan siang, satu per satu barang mereka yang sudah dikemas diangkut ke mobil untuk kemudian dibawa ke rumah mereka.

Baca: Basis Keluarga Relawan Demokrasi KPU Sitaro Sosialisasi Pemilu ke Pengungsi Gunung Karangetang

Bahagia nampak di wajah mereka. Wajar saja lantaran sudah sebulan lebih tinggal di pengungsian, dan tidak melihat rumah mereka. Senyum merekah nampak di wajah mereka.

"Senang sekali akhirnya bisa pulang, sebab selama ini kami hanya mendengar akan pulang, tapi tidak pernah jadi, dan sekarang akhirnya benar-benar pulang," jelas Vera Kakomole.

Ia mengatakan, sudah sangat merindukan rumah mereka di kampung Kawahang."Sementara waktu istirahat dulu, mungkin besok akan mulai bekerja," jelasnya .

Feni Pangulimang pun merasa senang bisa benar-benar pulang ke rumah. "Bersyukur bisa pulang, soalnya sudah sangat rindu rumah. Juga supaya bisa bekerja kembali, di rumah dan di kebun," jelasnya.

Baca: Pengungsi Karangetang Berebut Pakaian Layak Pakai

Bob Wauten Kepala BPBD Sitaro mengatakan bahwa pengungsi yang dipulangkan akan diantar ke rumah masing-masing oleh petugas.

"Kita sudah pulangkan, namun hanya yang rumahnya berada di zona aman, berdasarkan rekomendasi dari PVMBG Bandung," jelas dia.(amg)

Berita Populer: Heboh Video Perkelahian Siswa di Manado, Berikut 3 Video Pelajar Berkelahi di Sulut yang Viral 2019

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved