Hari Ketiga, Lima Peserta Seleksi Paskibraka Gugur

Memasuki hari ketiga seleksi paskibraka, Rabu (20/03/2019) sudah ada lima peserta yang gugur.

Hari Ketiga, Lima Peserta Seleksi Paskibraka Gugur
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Hari Ketiga, Lima Peserta Seleksi Paskibraka Gugur 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU- Memasuki hari ketiga seleksi paskibraka, Rabu (20/03/2019) sudah ada lima peserta yang gugur.

"Gugur bukan karena tidak memenuhi persyaratan tetapi karena tidak hadir saat seleksi," ujar Maulana Lombu Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotamobagu.

Dari 105 jumlah total peserta yang lolos hingga ke seleksi tingkat kota, yang masih mengikuti proses seleksi yakni ada 100 orang.

"Semuanya berproses. Ada tahapannya. Untuk seleksi tahap pertama pada tingkat sekolah ada  274 peserta kemudian 127 tereliminasi karena tidak memenuhi syarat. Kemudian yang terundang untuk seleksi yakni 105 orang kemudian sampai hari ketiga tersisa 100 orang," ujar Maulana.

Tahapan seleksi dimulai sejak hari pertama yakni Senin (18/03/2019) pada pembukaan seleksi dan pemasukkan biodata,

Kemudian hari kedua Selasa (19/03/2019) tahap seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB). "Kita godok selama satu hari. Karena PBB itu yang utama," ujar Maulana.

Baca: Paskibraka Kotamobagu Berharap Pemuda Lakukan Ini

Kemudian pada hari ketiga yakni Rabu (20/03/2019) tahap seleksi fisik digelar di Gelora Ambang. Pada tahapan ini dilaksanakan tes fisik yakni lari dan tes fisik lainnya.

"Untuk lari itu capaiannya 12 putaran dalam 12 menit. Peserta harus berlari 110 meter setiap satu putaran. Kemudian Sit up maksimal 15 kali untuk laki-laki dan 10 kali untuk perempuan. Kemudian Push Up minimal 10 kali untuk laki-laki dan lima kali untuk perempuan," ujar Maulana.

Maulana mengatakan proses seleksi hingga penutupan akan berlangsung hingga Jumat nanti.

"Besok Kamis (21/03/2019) ada Psikotes di Lapangan Kotamobagu  Kemudian Jumat penutupan seleksi sekaligus pengumuman hasil 36 orang yang lulus menjadi paskibraka 2019," ujar Maulana.

Baca: Bendera Pusaka di Rudis, Paskibraka Kotamobagu Siap Bertugas!

Maulana mengatakan sebenarnya untuk paskibraka totalnya nanti ada 38 orang. Terdiri dari 36 orang paskibraka tingkat Kota, dan dua orang tingkat provinsi.

"Dua orang yakni satu putra dan satu putri sudah dikirim ke provinsi. Informasi mereka akan melaksanakan seleksi nasional. Jika tidak lulus maka otomatis jadi paskibraka tingkat provinsi," ujar Maulana.

Dua paskibraka yang diutus ke provinsi yakni satu siswa dari MAN 1 Kotamobagu putra atas nama Al Gufransyah Dade dan Putri Astrid Mokodompit dari SMK Cokroaminoto. "Semua berdasarkan seleksi," ujar Maulana. (dik)

Berita Populer: Viral 18 Foto Diduga Syahrini dengan Pria Indo dan Bule, dari Pelukan hingga Ciuman di Atas Ranjang

 
 

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved