Sudah 1.009 Pekerja Terlindung BPJS Ketenagakerjaan Dari Program Tali Kasih Pemkot Bitung

Data di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bitung sudah ada 1.009 pekerja non formal yang terlindung program Tali Kasih Pemerintah Kota Bitung.

Sudah 1.009 Pekerja Terlindung BPJS Ketenagakerjaan Dari Program Tali Kasih Pemkot Bitung
Istimewa
Sudah 1.009 Pekerja Terlindung BPJS Ketenagakerjaan dari Program Tali Kasih 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG- Data di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bitung sudah ada 1.009 pekerja non formal yang terlindung program Tali Kasih Pemerintah Kota Bitung. Pemkot menargetkan akan ada 3.000 pekerja non formal yang akan terlindung program BPJS Ketenagakerjaan.

Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan mengatakan awalnya program ini hanya diikuti oleh para pejabat dimulai dari wali kota, wakil wali kota, sekretaris daerah kota, seluruh asisten dan seluruh pejabat.

Para pejabat ini menyisihkan sedikit dari tunjangannya untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan pekerja non formal tersebut. Hal ini tidak bersifat memaksa tetapi hanya bentuk sedekah.

Baca: Warga Apresiasi Program Tali Kasih Pemkot Bitung

"Juga untuk turut serta menyukseskan program BPJS khususnya bagi program ketenagakerjaan, dengan keikhlasan yang tinggi dari semua pihak. Dalam waktu dekat ini program Tali Kasih akan dilaunching," ujarnya.

Program ini adalah terobosan Wali Kota Maximiliaan Lomban untuk tenaga kerja non formal seperti buruh pelabuhan, pembantu rumah tangga, buruh serabutan hingga tukang bangunan yang akan mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

Pemkot Bitung patungan untuk menanggung iuran BPJS Ketenagakerjaan, tergantung kemampuan masing-masing. Kenapa patungan, sebab APBD sudah jalan dan tak memungkinkan lagi menggagarkan program ini di APBD 2019.

Program ini mulai Maret 2019 hingga Februari 2020 dengan kontrak setahun. Pejabat atau ASN yang akan ikut ambil bagian dalam program ini bakal disodorkan surat pernyataan. Agar setiap bulan bank melakukan pemotongan sesuai jumlah tenaga kerja non formal yang akan ditanggung. (fin)

Berita Populer: Kisah 2 Polwan Menyamar Jadi PSK Bongkar Perbudakan Seks, Sempat Ketakutan

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved