Umat Paroki Santo Yosep Kawangkoan Rayakan Pesta Pelindung

-Paroki Santo Yoseph Kawangkoan merayakan pesta pelindung paroki. Perayaan itu dirangkaikan dengan pelantikan Dewan Pastoral Paroki (DPP)

Umat Paroki Santo Yosep Kawangkoan Rayakan Pesta Pelindung
Istimewa
Umat Paroki Santo Yosep Kawangkoan Rayakan Pesta Pelindung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO-Paroki Santo Yoseph Kawangkoan merayakan pesta pelindung paroki. Perayaan itu dirangkaikan dengan pelantikan Dewan Pastoral Paroki (DPP) dan Dewan Pastoral Stasi (DPS) juga pelantikan Panitia Pertemuan Raya dan Konferensi KBK Keuskupan Manado.

Yang mempersembahkan misa ialah Uskup Keuskupan Manado, Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC. Ia ditemani Pastor Paroki Kawangkoan Pastor Ciprianus Motoh dan Diakon Eki Lalio.

Dalam renungannya, Uskup Rolly sapaan akrabnya mengatakan ini masa ret-ret agung. Mereka mau mempersiapkan perayaan Paskah. "Ada tiga pilar untuk itu. Ada doa, puasa dan amal," katanya, Minggu (17/03/2019).

Ia mengatakan tanggal 19 Maret ada Pesta Santo Yoseph, suami Maria. Itu dibedakan dengan 1 Mei sebagai Pesta Santo Yoseph pelindung pekerja.

"Dalam Injil bercerita tentang Gunung Tabor. Satu di antara maknanya yaitu dari yang biasa-biasa ada yang indah," katanya.

Hal itu katanya juga terdapat dalam Injil hari ini. Itu bercerita tentang Santo Yosef dan Bunda Penebus yang kebingungan mencari Yesus.

Baca: Uskup Rolly Berikan Sakramen Krisma di Paroki Guaan

"Saat mencari yang kekal abadi, Yoseph taat. Ia menerima tugas, menerima kemuliaan dari hal-hal yang terlihat dalam hal-hal biasa," katanya.

Yosef katanya yang masih bertunangan dengan Maria mendapati Maria mengandung dari Roh Kudus. Yosef yang ingin menceraikan Maria diam-diam tapi karena kabar malaikat menerima Kehendak Tuhan. "Yosef lebih banyak diam. Dia melaksanakan Kehendak Tuhan," katanya.

Ia mengatakan para raja dalam bacaan pertama telah membangun iman dan harapan akan keselamatan. Dalam bacaan kedua katanya semua itu dibangun dengan perjanjian dan bukan kontrak.

"Itu menuntut iman. Semoga kita selalu mencari petunjuk Tuhan untuk itu," katanya. (dma)

Penulis: David_Manewus
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved