Torang Kanal

Torang Kanal - Vidya Potabuga Punya Impian Mengajarkan Tarian Kabela ke Anak-Anak

Bagi sebagian orang menari bisa dikatakan sulit, namun ada juga yang merasa menari adalah hal mudah dilakukan apabila mau belajar.

Torang Kanal - Vidya Potabuga Punya Impian Mengajarkan Tarian Kabela ke Anak-Anak
Tribun manado / Maickel karundeng
Vidya Potabuga, Nanu Bolmong 

Torang Kanal - Vidya Potabuga Punya Impian Mengajarkan Tarian Kabela ke Anak-Anak

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Bagi sebagian orang menari bisa dikatakan sulit, namun ada juga yang merasa menari adalah hal mudah dilakukan apabila mau belajar.

Vidya Potabuga satu diantara gadis cantik yang memiliki hobi menari.

"Sejak kelas III sekolah dasar saya sudah mulai belajar menari khususnya tarian adat Bolaang Mongondow (Bolmong) yakni tarian Kabela," ucap gadis kelahiran Kotamobagu 21 Mei 1998 kepada Tribun Manado.

Vidya nama akrabnya mengatakan, Tari Kabela adalah tari penjemputan tamu, yang berasal dari Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Indonesia.

"Tari Kabela digelar untuk menyambut tamu yang dekat maupun jauh yang datang ke Bolmong. Dalam bahasa Bolaang Mongondow, Kabela disebut boyo-boyo yang artinya tempat sirih pinang," ujar mahasiswi aktif semester VIII di Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Sastra dan Budaya Jurusan seni drama tari dan musik.

Baca: Torang Kanal - Rine Ervina Supit, Beda Pilihan Politik Itu Biasa

Baca: Torang Kanal-Vidya Potabuga Selalu Meminta Izin dan Doa Keluarga

Baca: Torang Kanal-Clara Laloan Alami Hari Sibuk

Menurut Vidya, tidak ada yang susah kalau mau belajar. Awalnya pertama belajar menari rasanya susah, kalau sekarang tarian yang telah di hafal mati sudah bisa dikatakan gampang.

Gadis yang hobi menari ini punya tips ketika menghindari gugup saat tampil di banyak orang atau di atas panggung.

"Kalau saya mungkin sudah terbiasa tampil menari, jadi sudah biasa spot jantung. Ketika kebetulan berada di belakang panggung hanya gerak-gerak setengah menari-nari untuk menghilangkan gugup," terang Nanu Bolmong 2019.

Gadis asal Desa Solimandungan Baru ini menambahkan, sudah pernah tampil di Semarang, Lombok, dan Jakarta untuk tarian-tarian.

Putri pasangan Tito Potabuga dan Ami Daeng Masenge memiliki impian untuk mengajarkan Tari Kabela kepada anak-anak Bolmong dan nantinya membuat tarian massal khusus Tari Kabela. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved