Ribuan Personil Gabungan TNI Polri Siap Amankan Pemilu 2019

7.396 personil Polri di back up oleh 3.000 lebih personil TNI Angkatan darat di wilayah Sulut siap mengamankan jalannya pelaksanaan pemilu

tribun manado/christian wayongkere
Pangdam XIII/Merdeka dan jajaran bersama Wakapolda Sulut dan Karoops Polda usai mengikuti kegiatan Apel Dansat Tersebar Kodam XIII/Merdeka 

Ribuan Personil Gabungan TNI Polri Siap Amankan Pemilu 2019

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - 7.396 personil Polri di back up oleh 3.000 lebih personil TNI Angkatan darat di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) siap mengamankan jalannya pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) 2019.

Jumlah personil tersebut disampaikan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Wakapolda Sulut Brigjen Karyoto SIK dan Karo Ops Polda Sulut Kombes Yohanes Soeharmanto usai mengikuti Apel Dansat Tersebar Kodam XIII/Merdeka tahun 2019, di ruang Grhadhika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Baca: Petani dan Babinsa Kerja Sama Membajak Sawah

Baca: Video Pantauan Udara Lokasi Banjir Bandang di Sentani Jayapura

Baca: Malam Ini Jokowi Akan Menggelar fund Rising, Ada Barang-barang Pribadi yang Dilelang

Baca: YBM Juara, Lusje/Taufik Raih Perak di Kejuaran Bridge Internasional di Kaoshiung

"Khusus untuk wilayah kepulauan sudah dikirim pasukan, untuk melakukan pengamanan. Sehingga jelang hari H nya nanti kita repot-repot ketika diperhadapkan dengan cuaca dan transportasi, mereka sudah dalam keadaan siap membantu Polri. TNI siap bantu Polri atas permintaan, dan stand by untuk sewaktu-waktu kita ada," tutur Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Pangdam XIII/Merdeka berharap seluruh masyarakat Sulut khususnya, Sulteng dan Gorontalo bersama-sama laksanakan pesta demokrasi secara aman dan menyenangkan.

TNI sudah bekerjasama dengan Polri dalam setiap tahapan pelaksanaan Pemilu 2019, nanti pada 22 Maret 2019 akan menggelar Apel bersama di wilayah Sulut, Gorontalo dan Sulawesi Tengah terkait persiapan pengamanan.

Baca: Kapolsek Kawangkoan Nofri Umar Minta Jangan Golput

Baca: Mayat di Pantai Kora-kora Minahasa, Santo Sumampouw Menghilang Usai Mengikuti USBN

"Waktu semakin dekat, persiapan-persiapan terus dilakukan TNI bersama Polri dan seluruh komponen masyarakat bahu-membahu‎ untuk mengamankan penyelenggaraan Pemilu Pilpres dan Pileg 2019," kata dia.

Selain personil dari TNI AD, nanti akan dibantu personil dari satuan seperti marinir dan‎ lainnya.

Wakpolda Sulut Brigjen Pol Karyoto SIK mengatakan, pada prinsipnya TNI dan Polri bersama-sama dalam melaksanakan pengamanan Pemilu 2019. Misalkan dalam kondisi kekurangan kekuatan di Polri, TNI akan menambah kekuatan.

"Jika dalam kejadian khusus, dengan cepat kami bisa meminta bantuan TNI. Untuk kesiapan pengamanan Pemilu 2019 sudah maksimal, personil terus berlatih dan setiap saat melakukan konsolidasi‎ terus kekuatan yang ada dan memelihari kekuatan yang ada," jelas Karyoto.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved