Disperdagkop Kotamobagu Keluarkan 2.829 Izin Usaha Gratis

Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil, dan Menengah (Disperdagkop UKM) telah mengeluarkan 2.760 izin usaha gratis.

Disperdagkop Kotamobagu Keluarkan 2.829 Izin Usaha Gratis
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Disperdagkop Keluarkan 2.829 Izin Usaha Gratis 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil, dan Menengah (Disperdagkop UKM) telah mengeluarkan 2.760 izin usaha gratis.

"Data tersebut sejak 2016, 2017, dan 2018. Totalnya ada 2.760 izin usaha yang dikeluarkan," ujar Ratna Adharani Kepala Seksi UKM Diaperdagkop UKM Kotamobagu kepada Tribun Manado, Senin (18/03/2019).

Ratna mengatakan 2.760 izin yang dikeluarkan yakni hanya bagi usaha mikro kecil. "Data untuk 2019 sejak Januari hingga Maret ada 69 izin usaha gratis yang dikeluarkan," ujar dia.

Baca: Sediakan Rp 40 Juta, Disperindagkop Kotamobagu Undang Tim Penilai Harga Tanah

Ratna mengatakan dari 69 izin usaha yang dikeluarkan sebagian besar itu usaha pangkalan elpiji. "Ada 53 izin usaha elpiji, izin kios 12,peternakan ayam satu, dan kuliner tiga," ujarnya.

Ratna mengatakan tahun ini pengurusan izin lebih sedikit dibanding dengan tahun sebelumnya.

"Tahun sebelumnya banyak izin yang dikeluarkan, karena itu ada kegiatan dan ada empat pendamping yang turun ke kelurahan desa jemput bola pengurusan izin. Rencananya kami juga akan turun 'jemput bola' turun ke desa dan kelurahan," ujar dia..

Lanjut Ratna, kepada pengusaha khususnya mikro kecil agar segera mengurus izin yang hanya satu kali diurus ini (Kecuali berubah nama dan domisili).

"Dengan mengurus izin, usaha menjadi legal. Kemudian itu sebagai persyaratan permintaaan kredit di Bank," ujar dia. (dik)

Berita Populer: Perseteruan Kian Memanas, Nikita Mirzani Posting Foto Diduga Syahrini Cium Pria di Atas Ranjang

 
 

Penulis: Handhika Dawangi
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved