BPBD Kotamobagu Data 7 Bencana yang Rawan Terjadi Pada 26 Desa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu mendata ada tujuh macam bencana yang rawan terjadi di 26 desa kelurahan.

TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI
Data 7 Bencana yang Rawan Terjadi Pada 26 Desa di Kotamobagu 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu mendata ada tujuh macam bencana yang rawan terjadi di 26 desa kelurahan.

"26 desa kelurahan tersebut terbagi berbagai macam bencana. Ada yang rawan longsor tebing gunung, rawan banjir, pohon tumbang, kebakaran, puting beliung, erupsi jalur satu, dan erupsi jalur dua," ujar 
Budi Prayitno, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu, Senin (18/03/2019).

Budi mengatakan untuk longsor tebing gunung ada tiga titik yakni satu titik di Kelurahan Gogagoman,satu titik di Kelurahan Kotobangon, dan satu titik di Kelurahan Mongkonai Barat.

Kemudian untuk rawan banjir yakni empat titik di Desa Moyag, empat titik di Kelurahan Kotobangon, dua titik di Kelurahan Tumobui, dua titik di Kobo Kecil, kemudian masing-masing satu titik di Matali, Sinindian, Poyowa Besar Satu, Tabang, Kopandakan Satu, Mongondow, Motoboi Kecil, Poyowa Kecil, Pobundayan, Gogagoman, Kotamobagu, Mogolaing, Molinow, Mongkonai Barat, Biga, Genggulang, Pontodon, dan Upai.

"Ada juga wilayah yang rawan Pohon tumbang yakni satu titik di Mogolaing, Kobo Besar, Motoboi Besar, Matali, Bungko, Kopandakan, Poyowa Kecil, Molinow, dan Gogagoman," ujar dia.

Untuk kebakaran rawan terjadi di Kelurahan Kotamobagu dan Kelurahan Gogagoman.

Satu titik Puting Beliung yakni di Kobo Kecil, kemudian Erupsi Jalur satu di Sia, Pontodon, Genggulang, dan Gogagoman. Lalu Erupsi Jalur Dua di Tumobui, Kobo Besar, Motoboi Besar, dan Moyag.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved