Dinas Pendidikan Bolsel Jadwalkan Simulasi UNBK Ketiga Pekan Depan

Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMP, Dinas Pendidikan (Disdik) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)

Dinas Pendidikan Bolsel Jadwalkan Simulasi UNBK Ketiga Pekan Depan
Istimewa
UNBK SMA 2018 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU-Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMP, Dinas Pendidikan (Disdik) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) getol menggelar latihan bagi peserta UNBK.

Rencananya, pekan depan akan digelar simulasi UNBK ke-3. “Simulasi ke-3 direncanakan 19 Maret,” Kata Kepala Disdik Bolsel, Rikson Paputungan, Sabtu (16/03/2019).

Dijelaskannya, simulasi dilaksanakan untuk memantapkan kesiapan siswa dalam mengenal sistem UNBK. Apalagi, ini merupakan tahun pertama diterapkannya UNBK secara menyeluruh. “Ini tahun pertama kita melaksanakan UNBK. Sehingga para siswa harus mengenal dan paham sistem UNBK,” kata Rikson.

Simulasi digelar disemua sekolah yang melaksanakan UNBK. Dari 26 sekolah SMP/MTS di Bolsel, tersisa 4 sekolah di Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim) yang belum melaksanakan UNBK.

Baca: Dinas Pendidikan Bolsel Utus 9 Siswa Ikut O2SN

“Jaringan seluler di sana belum memadai, listrik tidak stabil dan belum ada fasilitas komputer. Dengan kondisi ini, secara teknis empat sekolah ini belum bisa melaksanakan UNBK," ucapnya.

Pihaknya khawatir jika dipaksakan hasilnya tidak maksimal. Jadi UN di empat sekolah tersebut tetap berbasis kertas pensil (UNKP).

“Untuk wilayah yang sudah terjangkau jaringan saja masih terjadi gangguan, ini terjadi saat simulasi pertama. Banyak perangkat tidak bisa konek ke server pusat karena jaringan kurang bagus,” tambahnya.

Di simulasi UNBK ke-3 nanti, Disdik berharap siswa semakin paham dengan sistem UNBK. “Kita juga berharap jaringan semakin membaik saat simulasi ke tiga sampai dengan hari-H nanti,” sahut Rikson.

Sekedar informasi, simulasi pertama sudah dilaksanakan pada Januari dan simulasi kedua dilaksanakan Februari baru-baru ini.(nie)

Berita Populer: Viral Penikaman di Depan SMU St Thomas Aquino Manado, Pelaku Awalnya Cekcok dengan Sang Pacar

Penulis: Nielton Durado
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved