Breaking News:

Babinsa Dumagin Bersama Petani Panen 0,5 Hektar Padi

paya khusus (Upsus) pendampingan bagi para petani yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 1303/Bolmong terus dilakukan.

Penulis: Nielton Durado | Editor:
Istimewa
Babinsa Dumagin Bersama Petani Panen 0,5 Hektar Padi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU- Upaya khusus (Upsus) pendampingan bagi para petani yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 1303/Bolmong terus dilakukan.

Pendampingan ini dilakukan meliputi semua tahapan pertanian, mulai dari panen hingga panen lagi, demikian seterusnya.

Pendampingan sejak panen, kemudian pasca panen. Selanjutnya pemasaran, pengolahan lahan, penyediaan bibit, pemupukan, dan pengobatan.

Pendampingan juga dilakukan saat penanaman bibit dan budayanya hingga panen. Termasuk pula cara menghadapi hama, tata kelola irigasi, peluang usaha pertanian, dan selanjutnya hingga terus berulang.

Pendampingan tidak dilakukan dari kantor atau di pinggir sawah. Para babinsa melakukannya dengan terjun langsung ke sawah. Bahkan ikut membantu petani di sawah, Sabtu (16/03/2019).

Baca: Babinsa Inobonto Dampingi Petani Panen Jagung

Kegiatan yang dilaksanakan oleh para Babinsa tersebut untuk mendukung para petani di Desa binaannya yang merupakan perintah langsung dari Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono.

Hal ini disadari betul oleh Kopda Manus Dules R, Babinsa Desa Dumagin Koramil 1303-06/Pinolosian.

Dia sedang membantu salah satu warga di desa binaannya, memanen padi seluas 0,5 hektare milik Dance anggota Kelompok Tani “Moilom”.

Baca: Petani dan Babinsa Gotong Royong Panen Padi di Bongkudai

Kopda Manus saat dikonfirmasi mengatakan, pendampingan kepada petani merupakan program Upsus. "Program itu membantu pemerintah dalam meningkatkan hasil panen menuju swasembada pangan di wilayah binaan," ujar dia.

Dance selaku pemilik lahan, merasa sangat bersyukur dengan hasil panen yang diperolehnya.

"Meskipun belum mencapai maksimal, tetapi hasil panen padi saat ini sudah meningkat dibandingkan masa panen yang lalu," tegasnya. (nie)

Berita Populer: Viral Penikaman di Depan SMU St Thomas Aquino Manado, Pelaku Awalnya Cekcok dengan Sang Pacar

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved