Babinsa Dampingi Petani Desa Busisingo Merawat Tomat

Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Serka Muslimin membantu petani merawat tanaman tomat yang tumbuh subur di perkebunan Desa Busisingo

Babinsa Dampingi Petani Desa Busisingo Merawat Tomat
ISTIMEWA
Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Serka Muslimin membantu petani merawat tanaman tomat 

Babinsa Dampingi Petani Desa Busisingo Merawat Tomat 

TRIBUNMANADO.CO.ID,BOLMUT – Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Serka Muslimin membantu petani merawat tanaman tomat yang tumbuh subur di perkebunan Desa Busisingo, Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kamis (14/03/2019).

Baca: Penderita Kusta di Sitaro Tergolong Tinggi, Tahun Lalu Ada 44 Pasien, Tiga di Antaranya Anak-anak

Baca: PNS Futsal Turnamen, Pemkab Minut Libas BKD Sulut 3-1

Baca: Pihak Facebook: Kami akan Memperbaikinya Secepat Mungkin, Facebook dan Instagram Alami Gangguan

Kebun tersebut milik Bapak Jabar Mokodompit dengan luas 0,5 hektar yang berada di areal perkebunan Desa Busisingo.

Perawatan batang tomat sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur agar membuahkan hasil yang besar dan banyak, cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawat pada cabe yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian tali atau penopang, pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan siang hari.

Jika tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang telah terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain. Pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilihlah pestisida yang organik.

Pemanenan buah tomat biasanya masa penen tomat adalah 3 bulan dari penanaman, namun hal ini tentunya sangat bervariasi tergantung dari jenis dan kesuburan tanaman.

Baca: Negosiasi 12 Jam Tak Membawakan Hasil, Istri Terduga Teroris Ledakkan Bom Bersama Bayi 2 Tahun

Baca: Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey Kunjungi Lapas Tondano, Ini yang Dilakukan

Baca: Polisi belum Bisa Pastikan Jumlah Anak Abu Hamzah, Tim DVI: Biarkan Tim Bekerja Dulu

Petiklah tomat yang sudah mulai matang yang ditunjukkan dengan adanya perubahan warna dari hijau ke orange. Lakukan pemetikan 2 hari sekali dikarenakan buah tomat tidak matang secara bersamaan.

Petani di Desa Busisingo mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat tanaman tomat mulai dari pembibitan, penyiapan lahan serta sampai panen.

Bahkan Babinsa ini bukan hanya terjun langsung membantu petani di perkebunan, ia juga membantu di areal persawahan seperti padi, jagung dan kedelai (PAJALE) yang merupakan program swasembada ketahanan pangan Nasional.

Pemilik kebun Jabar sangat senang dengan bantuan dari Babinsa untuk mengarahkan dan merawat tanaman tomat.

"Kami tentunya sangat senang dan selalu mendoakan TNI dalam hal Babinsa selalu sehat serta sukses dalam menjalankan tugas setiap hari," ungkapnya. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved