Tersangka Kasus Narkoba Mengidap AIDS

Mereka punya penyakit yang sama yaitu hepatitis‎ bahkan dua diantaranya mengidap penyakit HIV/AIDS,

Tersangka Kasus Narkoba Mengidap AIDS
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Dir Res Narkoba Polda Sulut Kombes Pol Eko Wagiyanto 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Direktur reserse Narkoba Polda Sulut Kombes Eko ‎Wagiyanto menilai ada satu hal yang menarik dari penangkapan sekolompok pria sedang pesta narkoba jenis shabu-shabu di sebuah teras rumah pada (21/03/2019), mereka yang tertangkap merupakan kelompok menamakan diri Napsa.

"Dari delapan orang laki-laki yang tertangkap sebagai pemilik dan pengguna narkoba, mereka punya penyakit yang sama yaitu hepatitis‎ bahkan dua diantaranya mengidap penyakit HIV/AIDS," jelas Eko kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (13/03/2019).

Dengan kondisi itu penanganan terhadap mereka yang mendidap penyakit HIV Aids dilakukan penanganan yang berbeda proses tetap berlanjut, sambil mereka di asessment, di THT hingga dilakukan rehabilitasi. Karena penyakit itu mereka tidak bisa disatukan dalam satu sel dengan tahanan yang sehat.

Baca: Diciduk untuk Kedua Kalinya, Mahasiswa Ini Telah Jadi Kaki Tangan Bandar Narkoba

Sementara itu Kombes Pol Ibrahim Tompo Kabid Humas Polda Sulut, yang ikut menyaksikan pengungkapan kasus narkotba jenis shabu yang melibatkan delapan orang pria mengaku kaget dan prihatin dengan sejumlah tersangka yang mengidap penyakit HIV/AIDS.

"Baru kali ini menemukan tersangka yang HIV/AIDS, kami prihatin melihat kondisi itu," kata Tompo kepada wartawan.

Menurut Kabid Humas penyakit yang mereka idap diketahui saat penangkapan dan sebelum ditahan atau asessment dilakukan pemeriksaan kesehatan. Dari sinilah diketahui tersangka menderita HIV/Aids, ini menjadi masalah karena penyakit menular bagi tahanan lain, sehingga muncul pertimbangan tidak dilakukan penahanan di Polda tersangka di tangguhkan tapi oleh penyidik diharuskan wajib lapor.

"Ke depan, penanganannya perlakuannya sesuai dengan penyakit yang dia derita," tambahnya.

Dengan kondisi ini, Polda Sulut sangat prihatin pemakai narkoba yang terkena penyakit HIV Aids sudah ada di Manado. Ini menunjukan indikasi yang harus diwaspadai masyarakat, apalagi para tersangka membuat kelompok atau grup dan sangat rawan penularan kepada masyarakat lainnya.

"Kami sarankan masyarakat lebih waspada dengan penggunaan narkoba. Dan perlu diketahui penyakit HIV/AIDS dari narkoba sudah ada di Sulut sehingga harus diwaspadai," tandasnya. (crz)

Berita Populer: Video Melahirkan dengan Melihat Tutorial di YouTube,Wanita Ini Tewas Bersama Bayinya: Darah Mengalir

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved