Kasus Kampanye Caleg Nasdem di Unima, Sanksinya Teguran Tertulis

Tak menyerah begitu saja, Bawaslu Minahasa membawa proses kasus ini ke ranah pelanggaran administrasi Pemilu.

Kasus Kampanye Caleg Nasdem di Unima, Sanksinya Teguran Tertulis
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh memimpin rapat 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Langkah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa membawa kasus kampanye Caleg DPR RI Partai Nasdem, Felly Estelita Runtuwene di Unima ke ranah pidana pemilu sudah kandas.

Tak menyerah begitu saja, Bawaslu Minahasa membawa proses kasus ini ke ranah pelanggaran administrasi Pemilu. Kasus ini disidang oleh Majelis Hakim di Bawaslu Sulut.

Sidang sudah bergulir sejak Senin (11/03/2019), Bawaslu Minahasa sebagai pemohon, dan pihak Felly sebagai termohon.

Rendy Umboh, Ketua Bawaslu Minahasa mengatakan, sikap Bawaslu sebenarnya sudah jelas, berkeyakinan ada unsur pidana pemilu dalam kasus ini.

 Tapi kasus ini tak maju karena ada 3 instansi dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu). Dalam pengambilan keputusan ini, bukan pakai sistem voting. Satu saja instansi tidak setuju maka tidak bisa naik kasusnya ke pengadilan.

Baca: Bawaslu Sulut Turun Langsung Awasi Pelipatan Surat Suara di KPU Bolmong

Siapa instansi yang tidak setuju tersebut? Rendy enggan buka-bukaan, menurutnya hal itu sudah lewat, sehingga tak perlu diungkapkan lagi.

Ia mengakui, pelanggaran adminstrasi pemilu tak sesangar hukuman pidana pemilu. "Kalau pelanggaran administrasi itu kalau terbukti bersalah, maka sanksinya  teguram tertulis, atau tidak diikutsertakan dalam tahapan dalam jangka waktu tertentu, kampanye misalnya," kata dia.

Tak ada sanksi hukuman pembatalan sebagai calon. Felly Runtuwene berstatus sebagai terlapor kasus ini heran kasus yang sudah dinyatakan tidak ada pelanggaran kemudian diproses lagi.

Karena sudah bergulir, ia pun ikut saja prosesnya, sudah disiapkan tim penasehat hukum.

Kasus pembagian bahan kampanye Caleg Nasdem Felly Runtuwene di Kampus Unima bergulir lagi. Lolos dari sanksi pidana, Felly Runtuwene harus kini menghadapi sidang dugaan pelanggaraan administrasi Pemilu.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved