Jawab Keluhan Pengusaha Mebel, Presiden Jokowi Potong Regulasi Penerapan SVLK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memotong regulasi penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) menjadi satu kali.

Jawab Keluhan Pengusaha Mebel, Presiden Jokowi Potong Regulasi Penerapan SVLK
scmp.com
Presiden RI Jokowi Widodo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memotong regulasi penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) menjadi satu kali.

Hal tersebut menyikapi keluhan dari para pengusaha mebel dan kerajinan.

 "Nanti yang diberikan hanya di hulu saja, hilirnya tidak usah," ujar Jokowi saat peninjauan Indonesia Internasional Furniture Expo di Ji-Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Menurut Jokowi, penyederhanaan peraturan dalam dunia usaha sangat penting agar roda bisnis di tanah air dapat bekerja dengan cepat.

"Semakin simple, semakin cepat kita bisa bekerja. Menyederhanakan peraturan. Ini masalah tehnis lapangan, tapi pemerintah harus dituntut untuk mendukung konkret," tutur Jokowi.

Baca: Pasar Ikan Modern Hadir di Indonesia, Presiden Jokowi Resmikan di Muara Baru

Baca: Potongan Tubuh Diduga Istri Abu Hamzah Ditemukan Polisi, Berikut Penjelasannya!

Sebelumnya, Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia HMKI Soenoto menyampaikan, pengusaha mebel dan kerajinan harus dapat bersaing dengan pengusaha dari luar negeri, tetapi saat ini terdapat hambatan yaitu SVLK yang dilakukan di hulu dan hilir.

"Kami bukan tidak setuju tapi kalau bisa diberlakukan di hulu saja jangan di hilir, karena hilir ini adalah user. Dihilir tidak perlu melakukan verifikasi ulang dan tidak mungkin juga verifikasi double, ini akan sangat menghambat," ucap Soenoto.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Penuhi Keinginan Pengusaha Mebel Berlakukan SVLK Hanya Ditingkat Hulu,

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved