Pesaingan Dua Saudara: Tewas 15 Menit Usai Diolesi Zat Pemusnah Massal

KIM Jong-nam dibunuh saat menunggu pesawat di Bandara Kuala Lumpur, 13 Februari 2017. Dalam investigasi aparat Malaysia,

Pesaingan Dua Saudara: Tewas 15 Menit Usai Diolesi Zat Pemusnah Massal
afp
Kim Jong Nam dan Kim Jong Un 

TRIBUNMANADO.CO.ID - KIM Jong-nam dibunuh saat menunggu pesawat di Bandara Kuala Lumpur, 13 Februari 2017. Dalam investigasi aparat Malaysia, ia dengan zat saraf beracun  VX yang disapukan ke wajahnya oleh Siti Aisyah (perempuan WNI, 27 tahun) dan Doan Thi Huong (perempuan Vietnam, 30).

Siti Aisyah dan Doan Thi Huong, bersama seorang warga Malaysia dan sejumlah warga Korea Utara merupakan tersangka pembunuhan yang berlangsung di Bandara Kuala Lumpur.

Di antara tersangka, terdapat seoang pejabat kedutaan Korea Utara, seorang staf maskapai penerbangan Korut, dan empat orang yang disebutkan sebagai mata-mata Korut. Sejauh ini selain Siti AIsyah dan Doan Thi Huong, hanya ada dua orang lain yang sudah ditangkap: seorang warga Malaysia dan seorang warga Korut.

MEngapa Kim dibunuh? Alasannya, Kim dianggap sebagai pengkritik rezim pimpinan Kim Jong-un, adik tirinya yang kini memimpin Kore Utara, setelah gagal jadi pemimpin karena kepergok menggunakan paspor Palsu saat hendak pergi ke Jepang,

Kim Jong-nam tewas 15-20 menit setelah diracun, kata aparat Malaysia.

Kepada polisi, baik Siti maupun Doan Thi Huong, mengaku mereka menyangka tengah ambil bagian dalam acara lucu-lucuan (prank) untuk acara reality show TV.

Empat warga Korut yang buron dan diyakini sebagai mata-mata. Informasi yang diperoleh BBC menyebutkan empat pria Korea Utara yang diyakini Korsel sebagai sebagai agen Korut duduk di sebuah kafe tak jauh dari lokasi serangan terhadap Kim Jong-nam di area check in bandara.

Para pejabat intelijen Korea Selatan kepada anggota parlemen di Seoul mengatakan empat dari tujuh tersangka kasus tewasnya Kim Jong-nam bekerja untuk kementerian keamanan negara Korea Utara.

Polisi Malaysia menangkap pria Korea Utara bernama Ri Jong Chol beberapa hari setelah tewasnya Kim Jong-nam.

Enam pria lain sudah dinyatakan sebagai tersangka atau diduga terlibat kasus ini. Empat di antaranya meninggalkan bandara Kuala Lumpur segera setelah Kim Jong-nam diserang dengan zat saraf VX.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved