Merajut Perdamaian di Lokasi Tambang Emas

Daerah pertambangan bisa disebut wilayah konflik. Perburuan emas di wilayah tak berhukum, bisa berakibat terjadinya perkelahian bahkan kerusuhan.

Merajut Perdamaian di Lokasi Tambang Emas
Istimewa
Penambang di Tatelu saat akan bekerja 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Daerah pertambangan bisa disebut wilayah konflik. Perburuan emas di wilayah tak berhukum, bisa berakibat terjadinya kekerasan, perkelahian bahkan kerusuhan.

Namun, kehidupan di wilayah pertambangan Tatelu, Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara (Minut) jauh dari kesan itu. Hal itu tak lepas dari peran Komunitas Sobat (Solidaritas Penambang Tanah Tonsea).

 Di dalam wadah Sobat, semangat persaudaraan disemai hingga bibit perselisihan tidak tumbuh. Ketua Sobat, Hendry Walukow mengatakan, kehadiran Sobat didasari keinginan kuat para pemilik tambang untuk bersatu.

Sebelumnya, para pemilik tambang terkotak-kotak dalam berbagai kepentingan masing -masing. "Disadari, perlu persatuan antar pemilik tambang, jika saling menelan kita hancur, namun jika saling membantu kita untung bersama - sama, si tou timou tumou tou, manusia hidup untuk saling menghidupkan," kata dia kepada beberapa waktu lalu.

Baca: Olly Setuju Tambang Rakyat di Bakan: Wagub Dorong Masyarakat Urus Izin

Berdiri sejak lima tahun yang lalu, Sobat sejauh ini telah memainkan perannya dengan baik. Hubungan baik antara para bos tambang menular hingga ke para pekerja.Jika terjadi masalah, para pekerja mengadu ke bosnya, lalu persoalan itu diselesaikan secara musyawarah. "Mereka berbaikan, perdamaian tercipta," katanya.

Seperti permainan tinju, dimana kedua petinju saling gebuk, namun tunduk para Maquis of Queensby, begitulah para petambang tunduk pada aturan yang mereka sepakati bersama.Menurut Hendry, kualitas hubungan antar petambang terus meningkat.Saat ini, kata dia, para pekerja tambang rajin bertukar ilmu.

"Kami juga sering berkelana ke tempat lain untuk mencari ilmu," katanya.

Hendry mengemukakan, anggota Sobat kini berjumlah ribuan, tersebar di semua Kecamatan di Minahasa Tenggara.Ada 60 pengurus teras Sobat. Organisasi ini berpusat di Kecamatan Dimembe. Menurut Hendry, Sobat ingin menjangkau sebanyak mungkin warga, karena disadari Pertambangan memiliki multiplayer effect.

"Semua diuntungkan dari petambang, pengusaha tambang, warga sekitar, tukang ojek," ujarnya. (art)

Berita Populer: VIRAL Alkitab & Gambar Tuhan tak Hangus saat Kebakaran di GMIM Nafiri Sion Wuwuk: Yesusku Luar Biasa

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved