‎Jokowi Harap Kepala Daerah Permudah Investor Mengurus Izin Mengelola Bahan Mentah

Jokowi meminta kepala daerah serta dinas terkait memudahkan perizinan kepada investor yang ingin membangun industri pengelolaan bahan mentah

‎Jokowi Harap Kepala Daerah Permudah Investor Mengurus Izin Mengelola Bahan Mentah
TribunSolo.com
Pak Presiden RI Joko Widodo.jpg 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Jokowi meminta kepala daerah serta dinas terkait memudahkan perizinan kepada investor yang ingin membangun industri pengelolaan bahan mentah di daerahnya masing-masing.

Dengan mempermudah izin bagi investor, Jokowi meyakini ini akan memperbaiki pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, langkah mengangkat pertumbuhan ekonomi bisa dilakukan dengan dua hal, meningkatkan nilai investasi dan ekspor.

"Saya minta yang namanya PTSP, bupati, wali kota gubernur, kalau ada investor yang berkaitan industri apapun, tutup mata, beri izin," tegas Jokowi dalam sambutan Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2019, di ICE BSD, Tangerang, Selasa (12/3/2019).

Baca: Legilator Demokrat Kecewa Kinerja Kepolisian, Tak Mampu Mengungkap Kasus Novel Baswedan

Baca: Polisi Sebut Ledakan Bom di Sibolga Terjadi Pasca Penangkapan Terduga Teroris Abu Hamzah

Jokowi menjelaskan pemerintah daerah tidak perlu bertele-tele dalam memberikan izin kepada investor yang ingin membangun industri pengelolaan bahan mentah, seperti karet, kelapa sawit, hingga batu bara.

Mempermuda yang dimaksud Jokowi bukan berati membiarkan investor tersebut mendirikan usahanya tanpa melalui prosedur yang berlaku. Ini sema-mata demi mendongkrak ekspor dan nilai investasi dipermudah.

"Terpenting bukan soal tutup mata, namun dikawal. Kelemahan kita ada di sini (kawal). Kalau ada investor yang ingin mendirikan industri petrokimia, tutup mata sudah. Pastikan izin sehari selesai. Gubernur, bupati harus berani. Jangan sampai mereka menunggu berhari-hari udah enggak musim sekerang. Izin itu hitungan jam sekarang," tutur Jokowi.

Baca: Ruas Jalan Cendrawasih Sibolga Ditutup, TNI/Polri Berjaga di Lokasi Ledakan Bom

Lebih lanjut, Jokowi tidak ingin karena izin yang berbelit para investor malah berpaling ke negara lain, seperti Vietnam.Jokowi menyebut Vietnam salah satu negara yang atraktif memudahkan para investor, seperti menggratiskan penggunaan lahan.

Jokowi meminta para kepala daerah berani menggratiskan lahan kepada para investor asalkan berorientasi pada ekspor atau substitusi impor.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul ‎Jokowi Minta Izin untuk Investor Mengelola Bahan Mentah Dipermudah

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved